Kota Tomohon Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementerian PPPA RI

0
62

Tomohon Kembali menerima penghargaan layak anak dari kementrian PP dan PP RI

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Walikota Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Wenny Lumentut, S.E. kembali mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang diserahkan secara daring di Command Center MPP Wale Kabasaran Kota Tomohon pada Kamis, 29 Juli 2021.

Walikota Tomohon Caroll Senduk

Pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak diberikan kepada Daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan unsur terkait lainnya, dan ini evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan berbagai indikator yang telah ditetapkan yang pada akhirnya bermuara pada penghargaan Kota Layak Anak (KLA) yang terdiri dari lima peringkat yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Penghargaan KLA berbagai tingkatan ini diberikan secara serentak kepada Kabupaten/Kota penerima dalam kegiatan yang bertajuk Penghargaan Kabupaten/Kota Kota Layak anak Tahun 2021.

Untuk diketahui, Kota Tomohon sudah tiga kali mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama, yang sebelumnya tahun 2018, 2019 dan tahun 2021 ini penghargaan yang sama kembali dianugerahkan kepada Kota Tomohon.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, “Program evaluasi Kota Layak Anak (KLA) ditahun 2020 tertunda atau belum dilaksanakan dikarenakan adanya Covid-19 dan ditahun ini kembali dilaksanakan evaluasi KLA walaupun masih dalam pandemi tetapi dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan metode evaluasi yang telah ditetapkan.

Kebanggaan kita bersama bahwa sampai tahun ini ada peningkatan perolehan total penghargaan dan hasil ini tentu dikarenakan menguatnya peran dari semua pihak dalam memenuhi hak dan perlindungan anak di Kabupaten Kota masing-masing”, ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan.

Lanjut dikatakannya, “Memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta mengucapkan selamat kepada Daerah-daerah yang menerima penghargaan di tahun 2021, atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan, semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di Daerah masing-masing”, ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, sambil berharap Daerah yang mendapat prestasi saat ini dapat menjadi inspirasi bagi Daerah lain, sehingga dapat bergerak bersama mewujudkan Indonesia maju dengan bergandengan tangan, bersinergi dan berkolaborasi.

Sementara itu, Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon, dr. John Lumopa mengatakan, “Menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat yang selama ini dalam proses evaluasi telah turut serta mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan program ini, sehingga terwujudkan hasil penilaian yang baik serta Tomohon memperoleh penghargaan Kota Layak Anak tingkat Pratama.

Kepada seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon mari kita terus bekerja keras, agar melalui program kegiatan ini Kota Tomohon kedepan akan mendapat hasil evalusai yang lebih baik lagi sehingga mendapat penghargaan KLA di tingkat yang lebih baik lagi”, ujar Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, S.H.

Ikut hadir mendampingi Walikota Tomohon, ketua Gugus Tugas KLA, Drs. Daniel Pontonuwu, juga sebagai Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon, juga unsur terkait lainnya.

(bri)

Leave a reply