Konsultasi ke Kemendagri, Walikota Caroll Senduk : RSUD Akan Ditingkatkan Menjadi BLUD

0
42

Walikota Caroll Senduk Saat Konsultasi di Kemendagri

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. melakukan Konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri terkait Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Senin, 24 Mei 2021.
R. Wisnu Saputro, Kepala Seksi BLUD Wilayah 1 Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dalam pertemuan ini mengatakan, “BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja perangkat daerah atau unit satuan kerja perangkat daerah pada satuan kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.
Saat ini rumah sakit umum daerah sudah wajib ditingkatkan statusnya menjadi BLUD, begitu juga dengan puskesmas diharapkan bisa ditingkatkan statusnya menjadi BLUD”, ujar R. Wisnu Saputro, Kepala Seksi BLUD Wilayah 1 Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.
Walikota Caroll Senduk mengatakan, “Pemerintah Kota Tomohon akan meningkatkan status RSUD Anugerah sebagai BLUD. Hal ini tentunya dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, pengelolaan keuangan RSUD juga akan semakin baik dan fleksibel serta pengelolanya diarahkan untuk lebih kreatif, inovatif dan adaptif,”, ungkap Walikota Caroll Senduk.
Lanjutnya, “Melihat potensi yang ada di Kota Tomohon, maka selain rumah sakit daerah dan Puskesmas, bidang lain yang dapat dijadikan BLUD yaitu pengelolaan pariwisata”, tukasnya.
Kepala Dinas Kesehatan dr. Deesje Liuw MBiomed mengatakan, “Saat ini RSUD Anugerah Tomohon sementara dalam proses peningkatan status menjadi BLUD. Administrasi dan pemenuhan persyaratan BLUD sementara dibuat dan dilengkapi”, ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Deesje Liuw MBiomed didampingi Kepala Bidang P2P dr. Maria Sugiarto.
“Bersama Dinas Kesehatan Kota Tomohon akan berusaha meningkatkan status Puskesmas Kakaskasen menjadi BLUD dan apabila prosesnya cepat selesai maka Puskesmas Kakaskasen akan menjadi puskesmas pertama di Sulut yang ditingkatkan status menjadi BLUD”, ujar Kepala Puskesmas Kakaskasen drg. Jeand’Arc Karundeng yang juga Ketua TP PKK Kota Tomohon menambahkan.

Leave a reply