Rapat Koordinasi Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu

0
49

Minut – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif bersama Media dan Masyarakat pada Tahapan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Provinsi Sulawesi Utara, yang diselenggarakan di Swiss-Belhotel Manado, pada Minggu, 17 Desember 2023.

Rapat Kordinasi ini dibuka oleh Zulkifli Densi S.Pd. MH., Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, mewakili Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Ardiles Mewo.

Dalam penyampaiannya Zulkifli Densi S.Pd. MH., mengatakan, “Bawaslu sudah melakukan pengawasan dalam Tahapan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024, mulai dari pencetakan surat suara, kotak suara, pengiriman dan penerimaan hingga pendistribusian sampai ke Kabupaten Kota, seperti Tinta, Bilik Suara, Surat Suara, Bilik Pemungutan Suara, Segel, Alat untuk mencoblos Pilihan dan TPS/TPSLN.

Hari ini yang ada di KPU, baik KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota tahap 1 adalah Bilik Suara sejumlah 32.960. buah, Kotak Suara 38.518., Tinta 10.928 botol, Segel 263.247. dan Segel Plastik 214.240.”, jelas Zulkifli Densi S.Pd. MH.

Lanjutnya, “Menyadari bahwa keterbatasan Sumber Daya Manusia yang ada di jajaran Bawaslu, maka dibutuhkan keterlibatan aktif untuk semua pihak bersama Pengawas Pemilu untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu, di antaranya keterlibatan media dan masyarakat untuk ikut dalam konteks peliputan dan pemberitaan”, ujar Zulkifli Densi S.Pd. MH.

Kabag Humas Bawaslu Sulut Anggraini Sari Mokoginta, SP. mengatakan, “Maksud dan Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dengan memberikan pendidikan pengawasan-pengawasan Partisipatif kepada media dan masyarakat khususnya di tahapan pengadaan dan pendistribusian logistik, dengan memberikan pengetahuan umum tentang pengawasan partisipatif Pemilu untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dalam tahapan pengadaan dan pendistribusian logidstik”, ujar Kabag Humas Bawaslu Sulut Anggraini Sari Mokoginta, SP.

Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif bersama Media dan Masyarakat pada Tahapan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Provinsi Sulawesi Utara yang dihadiri juga oleh Pemateri, Johny Taroreh Akedemis dari Universitas Negeri Manado (UNIMA), diikuti oleh media, mahasiswa dan masyarakat.

(enol)