Kesiapan Sinergitas Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Sulut Gelar Apel Siaga

0
101

Minut – Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Pohon Kasih, Kawasan Megamas Manado, pada Selasa, 21 November 2023.

Apel Siaga yang dihadiri oleh FORKOPIMDA Provinsi Sulawesi Utara dan diikuti oleh ratusan Pengawas Pemilu dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Utara, diawali dengan Pemeriksaan Barisan Peserta Apel, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.IP., M.Si. bertindak sebagai Pembina Apel Siaga dan Ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara, Rocky Marciano Ambar, S.H., LLM., M.Kn. sebagai Pemimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Dalam amanatnya, Pembina Apel Siaga, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.IP., M.Si. mengatakan, “Mengajak semua untuk melaksanakan pengawasan Pemilu khususnya tahapan kampanye, tahapan pengelolaan logistik, tahapan pemungutan dan perhitungan suara, tahapan rekapitulasi perhitungan suara yang sebentar lagi akan kita lewati.

Kegiatan ini amatlah penting mengingat apel pengawasan Pemilu adalah sebuah ikhtiar sekaligus sebagai langkah nyata kita untuk menyampaikan kepada segenap pihak bahwa keluarga besar Bawaslu bersama dengan stakeholder pemangku kepentingan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 telah sangat siap untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 yang berlandaskan asas dan berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada”, ujar Ardiles Mario Revelino Mewoh.

Lanjut dikatakannya, “Rekan-rekan pengawas Pemilu mulai tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, tanpa terkecuali, wajib untuk melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran, mengoptimalkan pengawasan yang dilakukan disetiap tahapan agar saudara semua terus melakukan himbauan kepada masyarakat sehingga Pemilu tahun 2024 sebagai Pemilu yang akan berlangsung dengan jujur, adil, yang tentu dijauhkan dari segala pelanggaran Pemilu, perilaku money politic atau politik uang, sekaligus tentu menjadi ruang bagi kita semua sama-sama meneriakan penolakan kita kepada berita hoax dan politik identitas, yang akan merusak serta merobek demokrasi dan persatuan kita sesama anak bangsa”, tukas Ardiles Mario Revelino Mewoh.

“Lapangan Pohon Kasih ini dipilih sebagai pelaksanaan apel siaga dengan maksud agar menjadikan Pemilu tahun 2024 di Sulawesi Utara yang berintegritas dan penuh dengan kasih antar sesama peserta Pemilu.

Pada kesempatan apel siang ini, saya mewakili jajaran pengawas Sulawesi Utara memohon kepada semua pihak, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Partai Politik peserta Pemilu, calon anggota DPD dan semua pihak yang bisa membantu mensukseskan tahapan Pemilu ini, untuk kiranya dapat mendukung jajaran pengawas Pemilu untuk melaksanakan pengawasan di setiap tahapan Pemilu yang dijalankan.

Melalui momentum kebersamaan, penting kami sampaikan bahwa membangun sinergitas berbagai pihak dalam penyelenggaraan pengawasan Pemilu adalah sebuah keniscayaan, karena bagi kami penyelenggaraan Pemilu adalah milik semua warga Negara, juga adalah momentum pembuktian bahwa kita adalah suatu Bangsa yang besar dan paham betul cara berdemokrasi yang baik dan beradab”, ujar Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.IP., M.Si.

“Bapak ibu sekalian yang saya hormati, berdasarkan rilis Bawaslu Republik Indonesia, Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam kategori Rawan Tinggi setelah DKI Jakarta. Hal ini merupakan suatu peringatan dini bagi kita jajaran pengawas Pemilu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Oleh karenanya, diharapkan kepada setiap pengawas, mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, tanpa terkecuali, wajib, sekali lagi wajib, melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran dan mengoptimalkan pengawasan yang kita lakukan disaat atau disetiap tahapan. Tahapan kampanye akan dimulai pada tanggal 28 November. Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk peserta Pemilu dapat menahan diri dulu untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan, karena apabila melanggar, jajaran kami pengawas Pemilu mulai dari tingkat Kelurahan, Desa, hingga tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi tidak segan-segan untuk menindak apabila melanggar dan juga diharapkan kepada jajaran sekalian untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap pelaksanaan kampanye yang sebentar lagi kita mulaikan.

Saya berpesan kepada jajaran pengawas Pemilu agar tetap menjaga integritas, menjaga semangat kerja, karena dengan modal semangat itu, pengawas Pemilu diharapkan mampu membangun antusiasme kerja, kemudian juga memiliki loyalitas yang kuat untuk mensukseskan pemilu tahun 2024”, tandas Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, S.IP., M.Si.

Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024 dihadiri juga oleh Anggota BAWASLU SULUT, Donny Rumagit, STP., SH., KOORDINATOR DIVISI HUKUM & PENYELESAIAN SENGKETA, Steffen Stevanus Linu, SS. MAP., KOORDINATOR DIVISI PENCEGAHAN, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN HUBUNGAN MASYARAKAT., Erwin Franklin Sumampouw, SP., MAP., KOORDINATOR DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA, ORGANISASI, PENDIDIKAN DAN LATIHAN, Zulkifli Densi, S.Pd., MH., KOORDINATOR DIVISI PENANGANAN PELANGGARAN, DATA DAN INFORMASI dan Kepala Sekretariat Bawaslu Prov. Sulut, Aldrin Arthur Christian, S.STP.

(red**)