Peduli, Bupati Joune Ganda Bantu Pemulangan Jenazah Warga dari Bali ke Minut

0
38

Minut – Bupati Minut Joune Ganda Bantu Biaya Pemulangan Jenazah Warga Laikit dari Bali ke Minut

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara(Minut) melalui Dinas Sosial, Kecamatan Dimembe dan Pemdes Laikit memberikan bantuan sosial dalam bentuk tambahan biaya pemulangan Jenazah Almarhum Saputra.A.Rasid (warga Desa Laikit) dari Kota Bali ke Minut.

Diketahui bantuan sosial ini merupakan tindak lanjut dari harapan keluarga yang menghubungi Kumtua Desa Laikit dan Camat Dimembe.

Selanjutnya hal itu dilaporkan oleh Camat secara berjenjang ke Kadis Sosial, Sekda Novly Wowiling dan Bupati Minut Joune Ganda.

Kadis Sosial Minut Arnoldus Didi Wolayan kepada awak media menjelaskan, atas arahan Bupati Joune Ganda agar permohonan bantuan itu ditinjau kelayakan untuk dibantu.

“Setelah kami teliti dan cermati, Almarhum adalah benar warga Desa Laikit dan terdaftar sebagai terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI (DTKS) Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial(SIKS- NG). Jadi sesuai arahan Bupati, dibantu sesuai dengan aturan yang berlaku”, ujar Didi Wolayan sambil menambahkan bantuan secara cepat ini merupakan wujud kepedulian sosial kemanusiaan pimpinan.

Sementara itu, perwakilan keluarga, Katrin Koloay mengatakan bahwa respon cepat bantuan pemulangan Jenazah Almarhum sangat membantu keluarga.

” Atas nama keluarga besar kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Bupati Joune Ganda yang dengan cepat merespon dan memberikan solusi berupa bantuan biaya pepulangan Jenazah keluarga kami”, tuturnya.

Secara terpisah, Bupati Minut Joune Ganda menegaskan bahwa Pemkab Minut selalu responship dan bergerak cepat terhadap kondisi sosial kemasyarakatan yang dialami masyarakat Minahasa Utara, termasuk bagi masyarakat terdampak bencana alam.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara saya menyampaikan turut berduka cita, kiranya keluarga mendapat penghiburan dari Tuhan Yesus Kristus”, tutur Bupati Joune Ganda sembari menambahkan kalau bantuan sosial secara cepat ini merupakan wujud kepedulian karena sifatnya mendesak, sebab bantuan yang menggunakan uang negara itu ada syarat dan aturan kelayakan untuk yang harus terpenuhi.

Sesuai keterangan pihak keluarga, Almarhum pada sebulan sebelumnya berangkat ke Bali untuk mencari kerja, namun beberapa saat tiba di Kota Bali Almarhum jatuh sakit hingga menghembuskan nafas terakhirnya di tempat pemondokkan bersama kerabat, sesama warga Desa Laikit yang lebih dahulu bekerja di Kota Bali.

Adapun bantuan sosial dari Bupati Joune Ganda ini diserahkan oleh Kadis Sosial Minut Arnoldus Didi Wolayan didampingi oleh Camat Dimembe Alfons Jorry Tintingon, Kumtua Desa Laikit Frans Rotti Manua dan Staf Khusus Bupati Bidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi Publik Fernandus Yusi Adam.