Minut Kembali Raih Anugerah Piala Adipura

0
50

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung berhasil meraih Penghargaan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Kecil Airmadidi, di Auditorium Dr Soedjarwo, Jakarta Pusat, Selasa, pada Selasa, 05 Maret 2024.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Utara Kevin William Lotulung didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minut Marthen Sumampouw.

Dalam pidatonya, Wapres menyebutkan Sistem terintegrasi ini tidak hanya membutuhkan terobosan-terobosan yang implementatif, tetapi juga menuntut kinerja optimal pemerintah daerah, serta partisipasi aktif masyarakat.

”Persoalan pengelolaan sampah menjadi isu yang semakin kompleks dan terus berkembang. Bahkan menurutnya, pengelolaan sampah di Indonesia tidak bisa lagi dilaksanakan secara konvensional, sehingga memerlukan dukungan teknologi modern”, ujar Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin.

“Untuk itu, saya minta pemerintah daerah agar dapat melaksanakan kegiatan penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular dan berbasis teknologi ramah lingkungan. Pelibatan peran aktif masyarakat juga harus terus dilakukan untuk menciptakan budaya peduli lingkungan, khususnya dalam mengurangi jumlah dan mengelola sampah secara efektif.D iperlukan edukasi dan sosialisasi untuk mengubah paradigma dan perilaku masyarakat dalam penanganan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan, ” ujar Wapres Ma’ruf Amin

Penerimaan Piala Adipura Tahun 2023 Kabupaten Minahasa Utara memperoleh Predikat Kota Kecil. Di Sulawesi utara 3 daerah memperoleh Adipura yaitu Kota Bitung Adipura Kencana dan Piala Adipura Minut dan Kota Kotamobagu.

Hal ini mengisyaratkan bahwa komitmen Bupati dan Wakil Bupati serta dukungan rakyat Kabupaten Minahasa Utara berbuah hasil yang sangat membanggakan dalam pengelolaan Lingkungan Hidup Di kabupaten Minahasa Utara sudah baik.

(enol)