Musrenbang Desa Tumaluntung Prioritaskan Peningkatan Infrastruktur Pariwisata

0
162

Camat Kauditan Royke Rampengan Buka MUSRENBANG Desa Tumaluntung

 

Minut – Pemerintah Desa Wisata Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Hukum Tua Richard S. Kamagi, S.H. menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Desa Tumaluntung Tahun 2024, yang dilaksanakan di Kantor Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, pada Senin, 30 Januari 2024.

Musrenbang Desa Wisata Tumaluntung Tahun 2024 dibuka oleh Camat Kauditan Royke Rampengan, S.Pt., M.Si. dan dipandu oleh Ketua BPD Martien Rottie, A,MaTS.

 

Camat Kauditan Royke Rampengan, S.Pt., M.Si. dalam penyampaiannya mengatakan, “Kehadiran kami disini hanya mengawasi jalannya Musrenbang dan tidak mengintervensi jalannya Musrenbang. Musrenbang ini sesuai dengan amanat Undang-undang No.5 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, maka setiap tahun dilaksanakan rencana pembangunan yang dimulai dari Desa, setelah itu diprioritaskan di Musrenbang Kecamatan, lalu dimusyawarah Kabupaten Provinsi dan Nasional.

 

Tentang Perencanaan Desa yang bisa sinkron dengan perencanaan Pemerintah Daerah, ada 10 prioritas Pembangunan Tahun 2024 yaitu Pembangunan Infrastruktur, Penanggulangan Kemiskinan, Pembangunan Pertanian, Optimalisasi Daya Saing Perekonomian Daerah, Peningkatan Daya Saing Perekonomian Daerah, Peningkatan Daya Saing Investasi Daerah, Bumi Revolusi Mental, Mensukseskan Pesta Demokrasi, Peningkatkan Kesejahteraan Rohaniawan dan Jaminan Keamanan Ketertiban terkendali.

Mulai tahun ini, sistem perencanaan sudah terkonek dan harus masuk pada SIPD RI Sistem Demokrasi Pembangunan Republik Indonesia. Jadi, sistem ini harus diisi dan akan terkonek pada kamus prioritas usulan OPD”, ujar Camat Kauditan, Royke Rampengan, S.Pt., M.Si.

Hukum Tua Desa Wisata Tumaluntung, Richard S. Kamagi, S.H. mengatakan, “Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Tumaluntung Tahun Anggaran 2024 ini dalam rangka memaksimalkan pembangunan dan masih memprioritaskan peningkatan infrastuktur pariwisata untuk terus memajukan Pariwisata Desa Tumaluntung sebagai Desa Wisata, penunjang Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang, juga terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tumaluntung.

Berharap apa yang menjadi usulan dari Desa Wisata Tumaluntung dapat diperhatikan dan di setujui dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, sampai tingkat Pusat, sehingga pembangunan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, khususnya pembangunan di Desa Tumaluntung semakin maju, untuk kesejahteraan masyarakat, menuju Minut lebih Hebat, sesuai dengan apa yang menjadi program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H. terlebih dalam memajukan Pariwisataā€¯, ujar Hukum Tua Richard S. Kamagi, S.H.

Adapun sejumlah usulan prioritas masyarakat dalam Musrenbang Desa Wisata Tumaluntung untuk dana APBD/APBN tahun 2024 adalah Pengadaan/Pembebasan Lahan Untuk Pariwisata (Taman Purbakala), Pengadaan Sarana dan Prasarana Olahraga (Lapangan dan Gedung), Pengerasan /Pengaspalan Jalan Kebun (Produksi) Mataluntung- Dou-Kodiat-Kadim Batu, Jalan Kebun (Produksi) menghubungkan 2 Desa dan Pengerasan/Pengaspalan Jalan Akses ke SD Inpres Tumaluntung.

Musrenbang Desa Tumaluntung Tahun 2024 dihadiri juga oleh Sekretaris Desa Tumaluntung Jonly Mantiri, S.Sos., Ketua Lembaga Adat Joutje Tuerah, Ketua Lansia Indri Siwi, Ketua BUMDes Marshelino Inaray, Ketua PokDarWis Refly Inaray, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat.

(enol)