Minahasa Utara Mendunia, Pembukaan Event Internasional Likupang Tourism Festival disaksikan Delegasi UCLG ASPAC

Minut – Pembukaan Event Internasional Likupang Tourism Festival disaksikan Delegasi UCLG ASPAC, Minahasa Utara Mendunia.

Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, SE., MAP., MM., MSi didampingi Mr. Dakila Karlo as President Of UCLG ASPAC Presiden Of Union of lokal Autoritas of the Philippines Governur of Quirino Provins Philippines dan Sekjen UCLG ASPAG Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, membuka Event Internasional Likupang Tourism Festival, disaksikan langsung oleh para Delegasi UCLG ASPAC, yang diselenggarakan di Paradise Hotel, Golf and Resort di Likupang, pada Rabu, 05 Juni 2024.

Event Internasional Likupang Tourism Festival juga dirangkaikan dengan Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac).

Bupati Joune Ganda saat membuka Event Internasional Likupang Tourism Festival (LTF) mengatakan, “Bersyukur bisa melaksanakan event tahunan yang selalu digelar Likupang, dan saat ini sama-sama juga kita laksanakan Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac)”, tutur Bupati Joune Ganda.

“Mereka katakan, orang Minahasa Utara itu ada bae-bae dan mereka sangat senang bisa melihat langsung Likupang yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas.┬á Juga Hospitality yang ditunjukan tuan rumah. Sebagai Bupati Minahasa Utara merasa bangga karena Kabupaten kita ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac), yang tentunya akan mengangkat Kabupaten Minahasa Utara makin dikenal didunia internasional, khususnya di kawasan Asia Pasifik”, ujar Bupati Joune Ganda.

“Ini seiring dan sejalan dengan program Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, yang ingin membawa Provinsi Sulawesi Utara menjadi pintu gerbang Asia Pasifik. Kami Kabupaten Minahasa Utara betul-betul mendukung, dengan kita menawarkan diri menjadi tuan rumah pelaksanaan Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac), di Paradise Hotel, Golf and Resort di Likupang ini”, tandas Bupati Joune Ganda.

“Saya menegaskan, para delegasi terpesona melihat pulau, pantai yang ada di Likupang. Mereka katakan ini benar benar Paradise (Surga). Torang berbangga, ini menunjukan bahwa penetapan Likupang oleh Pemerintah Pusat sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi bekerja keras dan kerja keras untuk mengangkat DPSP lebih dikenal.
Semoga juga dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, turut dirasakan masyarakat”, ujar Bupati Joune Ganda.

Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, “Mengapresiasi Bupati Joune Ganda. Event Internasional sebesar Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac) dan Likupang Tourism Festival ini, bisa berlangsung di Minahasa Utara, karena kepiawaian Joune Ganda.

Executive Bureau Meeting United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific (Aspac) bertujuan memperkuat kerjasama antar kota, berbagi pengetahuan, pengalaman, serta menjalin kemitraan yang kuat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di seluruh kawasan Asia Pasifik.
Hadir disini para perwakilan Pemerintah lokal, akademisi dan praktisi dari berbagai negara yang tergabung di UCLG ASPAC.
Perlu saya tegaskan, saat ini Minahasa Utara dan Likupang sudah dikenal di kawasan Asia Pasifik. Semua delegasi negara yang hadir, bahagia datang di Likupang”, ujar Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi.

Ketua Panitia LTF Joutje Dengah dalam penyampaiannya mengatakan, “Bersyukur kegiatan LTF ini bisa digelar bersamaan dengan UCLG ASPAG, sehingga Kabupaten Minahasa Utara semakin dikenal di mata dunia

LTF yang menjadi event tahunan ini dapat mendorong dan mengangkat UKM bagi masyarakat khususnya yang ada di Likupang.

Berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang terus bekerja keras mengangkat Kabupaten Minahasa Utara, terlebih di Likupang yang juga di tetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Destinasi Pariwisata Super┬áPrioritas (DPSP) Nasional”, Ketua Panitia LTF Joutje Dengah.

Pembukaan Event Internasional Likupang Tourism Festival juga dirangkaikan dengan Executive Bureau Meeting United Cities And Local Governments (UCLG) Asia Pacific (Aspac), dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Denny K. Lolong, S.Sos., FORKOPIMDA MINUT, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung, SH., MH., Ketua 1 TP-PKK Kristi Karla Arina dan seluruh OPD Pemkab Minahasa Utara.

(enol)