KPU Minut Gelar Simulasi Pemungutan Suara

0
29

Minut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi Sirekap Dalam rangka Persiapan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, yang dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, pada Senin, 29 Januari 2024.

Ketua KPU Hendra Lumanauw mengatakan, “Pada kesempatan ini kami menghadirkan publik dan terlebih kami menghadirkan Forkopimda Kabupaten Minahasa Utara untuk menyaksikan simulasi pemungutan dan penghitungan suara bahkan Bupati dan Wakil Bupati juga Forkopimda ikut serta simulasi.

Ruang simulasi ini ruang bersama bagaimana KPU melaksanakan teknis administrasinya, dan silakan bapak- Bapak Ibu-ibu untuk memberikan catatan dan saran kepada penyelenggara sehingga benar apa yang menjadi tahapan Pemilu ini menjadi tahapan dimana ada kontribusi dari publik untuk memberikan masukan

Seperti yang sudah kita lihat simulasi ini sampai pada Pemilu nanti boleh berjalan dengan baik. Intinya kerja berkoordinasi dan kerja bersama untuk Pemilu yang sukses”, ujar Ketua KPU Hendra Lumanauw.

Bupati Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung mengikuti Simulasi Pemungutan Suara mengatakan, “Saya sendiri melakukan ini dengan pak wakil, kami mengikuti proses di TPS termasuk kita mensimulasikan, dari sejak datang, kemudian mendapatkan jadwal antrian, kemudian mendapat surat suara, pergi ke tempat bilik suara, kemudian memasukkan ke kotak suara, kemudian mencelupkan ke tinta”, ujar Bupati menjelaskan simulasi proses pemungutan suara.

“Ini saya lakukan dan saya melihat bahwa memang perlu ada perhatian yang serius karena memang kita tahu ini jumlah kertas kan ada lima dan warnanya juga dimasukkan dicocokkan di kotak-kotak suara sesuai dengan warnanya. Makanya saya juga memberikan masukkan kepada penyelenggara Pemilu untuk bisa juga nanti membantu masyarakat karena warna-warna ini harus tetap di kotak-kotaknya kemudian tidak terjadi salah memasukkan warna yang Lain di kotak yang berbeda. Itu juga salah satu hal yang perlu kita perhatikan”, tukas Bupati.

“Dan mengenai apa yang telah disampaikan tadi untuk wilayah-wilayah yang ada di kepulauan, kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga akan ikut membantu dalam kelancaran dan setiap apa yang menjadi kendala hambatan dari penyelenggara Pemilu untuk kabupaten Minahasa Utara ini agar Pemilu itu bisa berjalan dengan baik, lancar dan tentunya di 14 Februari nanti semua masyarakat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya hak suaranya dengan rasa tanggung jawab, rasa aman dan tidak ada yang pemaksaan. Semua menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya. Kami menunggu informasi dari KPU, yang kami siapkan atau adalah kapal untuk bisa membawa membantu mendampingi apabila ada kendala untuk mendistribusikan kotak suara dan kertas suara tersebut, kami bisa menyiapkan untuk pendampingan. Kita kedepan agar kita juga ikut bersama-sama membangun negara ini dengan menggunakan hak pilih suara maka ikut serta untuk membangun bangsa dan negara”, ujar Bupati Joune Ganda.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kordiv Sosdiklih Parmas SDM KPU Minut, Rizky Pogaga, Forkopimda Minut antara lain, Dandim 1310 Bitung, Letkol Hanif Tupen, S. T, M. I. P. , Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, Kajati Minut, Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi, Komisioner Bawaslu Waldi Mokodompit, para pejabat eselon II terkait, perwakilan partai politik serta jurnalist biro Minut.

(enol)