Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas, Bawaslu Rakor dengan Forkopimda Sulut

Minut – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi, yang berlangsung digelar di Sintesa Peninsula Hotel Manado, selama tiga hari, Minggu, 28 Januari 2024 sampai Selasa, 30 Januari 2024.

“Jelang hari pemungutan suara Pemilu 2024, peran dari stakeholder sangat penting bagi Badan Pengawas Pemilu utamanya dalam hal pengawasan. Sukses pengawasan Pemilu tergantung bagaimana kita bersinergi, berkolaborasi, menjadi Pioner, bersama mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024”, ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara saat Pembukaan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dengan sub tema “Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas”, dan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu” ini ditandai dengan Pemukulan Tetengkoran oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, SIP., MSi. dan anggota Bawaslu Sulut.

Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Bersama Kapolda Sulut, Irjen Pol, Yudhiawan, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Legowo Jatmiko yang diwakili Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIII/Merdeka, Kolonel Arm Sumanto, Kepala Kejaksaan Tunggi (Kajati) Sulut, Andi Muhammad Taufik, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sulut, Brigjen TNI Raymond Marojahan, diikuti oleh Kabinda Sulut, KPU Sulut, Partai Politik Peserta Pemilu, Calon Anggota DPD mewakili, tim kampanye dan para awak media juga Akademisi.

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Bawaslu Sulut bersama stakeholder terkait.

Bawaslu menyadari tidak mungkin bekerja sendiri, bekerja dengan baik sendiri tanpa koordinasi dengan pihak stakeholder. Diskusi, dialog hal-hal yang penting, memberikan pandangan-pandangan terkait sinergitas, untuk memperkuat kelembagan Bawaslu bersama masyarakat sampai pada pemungutan suara nanti.

Dalam melakukan pencegahan dan pengawasan Pemilu, Bawaslu melakukan koordinasi dengan stakeholder. Pemilu dalam setiap tahapannya adalah proses demokrasi yang banyak terlibat pihak di dalamnya . Oleh sebab itu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman, jujur dan adil , peran stakeholder termasuk seluruh elemen masyarakat mutlak dibutuhkan untuk menjadikan Pemilu yang berintegritas dan meningkatkan kualitas demokrasi. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu.

Komisioner Bawaslu Sulut Koordinator Devisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Steffen Stevanus Linu, SS., MAP. saat penutupan kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi mengatakan, “Sebentar lagi kita akan memasuki tahapan puncak yaitu Pemilu 2024 dan saat ini kami sedang melakukan pengawasan.

Lembaga kami, Bawaslu, akan mengedepankan fungsi pencegahan, apa pun yang dilakukan jajaran kami, bukan kami mencari sengaja mencari kesalahan dari peserta Pemilu, tetapi bagaimana memastikan prosedur regulasi itu dipatuhi atau dilaksanakan dengan maskimal oleh peserta Pemilu.

Kiranya kegiatan kita pada hari ini bisa memberikan dampak positif bagi peserta yang hadir, ada akademisi, ada OKP , organisasi masyarakat sipil, tim kampanye daerah dan stake holder lainnya.

Kiranya dengan kegiatan yang baru kita lakukan ini berharap sinergitas untuk mewujudkan pemilu yang baik pula dan berterima kasih atas kontribusi semua pihak, semua stake holder kepada kami”, ujar Komisioner Bawaslu Sulut Koordinator Devisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Steffen Stevanus Linu, SS., MAP., saat menutup secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara.

(enol)