Ardiles Mewoh, Ingatkan Perlunya Sinergitas Bawaslu Dengan Stakeholder Untuk Memperkuat Pengawasan

0
44

 

Sulut – Jelang hari pemungutan suara Pemilu 2024, peran dari stakeholder sangat penting bagi Badan Pengawas Pemilu utamanya dalam hal pengawasan. Sukses pengawasan Pemilu tergantung bagaimana kita bersinergi, berkolaborasi, menjadi Pioner, bersama mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, SIP., MSi. saat Pembukaan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi, yang digelar di Sintesa Peninsula Hotel Manado, pada Minggu, 28 Januari 2024.

Pembukaan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dengan sub tema “Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas”, dan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu” ini ditandai dengan Pemukulan Tetengkoran.

Lanjut dikatakan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, SIP., MSi., “Bawaslu menyadari tidak mungkin bekerja sendiri, bekerja dengan baik sendiri tanpa koordinasi dengan pihak stakeholder. Diskusi, dialog hal-hal yang penting, memberikan pandangan-pandangan terkait sinergitas, untuk memperkuat kelembagan Bawaslu bersama masyarakat sampai pada pemungutan suara nanti.

Bawaslu melakukan upaya-upaya penindakan terhadap pelanggaran. Laporan dari masyarakat sangat penting bagi kami. Kalau ada potensi pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilu, wajib laporkan. Hal ini agar upaya pencegahan dan penanganan pelanggaran Pemilu bisa segera ditindaklanjuti. Bawaslu bertanggung jawab untuk menyelesaikan”, jelas Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, SIP., MSi.

“Dalam melakukan pencegahan dan pengawasan Pemilu, Bawaslu melakukan koordinasi dengan stakeholder. Pemilu dalam setiap tahapannya adalah proses demokrasi yang banyak terlibat pihak di dalamnya . Oleh sebab itu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman, jujur dan adil , peran stakeholder termasuk seluruh elemen masyarakat mutlak dibutuhkan untuk menjadikan Pemilu yang berintegritas dan meningkatkan kualitas demokrasi. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”, tandas Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh, SIP., MSi.

Komisioner Bawaslu Sulut Koordinator Devisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Steffen Stevanus Linu, SS., MAP. mengatakan, “Secara jumlah SDM yang dimiliki Bawaslu secara berjenjang adalah terbatas sehingga perlu ada sinergitas dan kami Bawaslu Provinsi Sulut sangat terbuka sekali menerima masukan kritikan untuk memaksimalkan oelaksanaan pengawasan yang kami lakukan, tentunya tujuan akhirnya untuk bagaimana kita menghasilkan para pemimpin yang mempunyai legalitas di masyarakat melalui proses Pemilu yang profesional yang berkepastian Hukum serta dapat memberikan jaminan dan masa depan yang berkualitas.

Sinergitas ini memiliki makna bahwa Bawaslu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya suport dari stakeholder peserta Pemilu dan masyarakat di Sulawesi Utara. Maka itu kami mengajak melalui kegiatan ini kita bisa bersama-sama memaksimalkan pelaksanaan Pemilu di Sulut yang berjalan baik dan tertib serta berkepastian huku”, ujar Komisioner Bawaslu Sulut Koordinator Devisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Steffen Stevanus Linu, SS., MAP.

(enol)