Hari Lahir Pancasila, Bupati Joune Ganda : Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, SE., MAP., MM., MSi. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH., MH. menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di lapangan kantor Bupati pada Sabtu, 01 Juni 2024.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Bupati Joune Ganda yang dalam amanatnya menyampaikan Pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia”, ujar Bupati Joune Ganda.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2024 diikuti Forkopimda, Sekda Novly Wowiling, jajaran kepala OPD, staf ahli dan staf khusus, para camat, serta seluruh ASN di lingkungan kerja Pemkab Minut.

(enol)