Full Team, Bawaslu Minut Awasi Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

0
37

Minut – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengawasi langsung Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kabupaten Minahasa Utara dalam Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan pada Selasa, 27 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Rocky Ambar, S.H., LLM. yang hadir bersama komisioner Waldi Mokodompit S.Pd. dan Philipus F. Bawengan, S.E. mengatakan, “Kami sebelumnya telah melakukan pengawasan melekat dalam tahapan-tahapan sebelumnya begitu juga dengan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ini.

Bawaslu hadir Full Team melaksanakan pengawasan di setiap tahapan salah satu tahapan pengawasan oleh Bawaslu terkait dengan rekapitulasi di tingkat Kabupaten
sebagaimana pengawasan di tingkat Kecamatan dan begitu juga di tingkat Kabupaten dan kami dalam pengawasan saat ini turun full team dari jajaran Panwas Kecamatan ikut hadir sehingga pengawasan kami maksimal, baik dari pencocokan data dan kami bisa mengikuti yang akan di Plenokan sebentar dalam rapat pleno ini”, ujar Ketua Bawaslu Rocky Ambar. S.H., LLM.

Lanjut dikatakannya, “Kami menyarankan kepada teman-teman KPU Minut ada ketentuan, aturan yang mengatur terkait rekapitulasi ditingkat Kabupaten dimana diatur dalam PKPU 5 Tahun 2024.
Berharap pihak KPU Minut merujuk saja bahwa mekanisme pleno itu berdasarkan hukum yang berlaku agar tahapan Pleno boleh berjalan dengan baik, karena proses pleno ini kita laksanakan dengan tata cara dan prosedurnya, ada aturannya.
Tadi juga sudah di bacakan tata tertib, baik penyelenggara, saksi parpol, patuhi setiap aturan yang ada”, tukas Ketua Bawaslu Rocky Ambar saat menghadiri rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten.

(enol)