Bupati Joune Ganda Apresiasi Kelompok Tani Wanita Milenial Desa Bahoi

0
13

Bupati Joune Ganda Panen Cabai bersama kelompok tani wanita Milenial

Bupati Minahasa Utara¬† Joune Ganda, S.E. Panen Perdana ¬†Komoditi Holtikultura Cabai di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, hasil pelaksanaan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021 oleh Kelompok¬† Tani Wanita “Milenial” pada Jumat, 03 September 2021.

Bupati Joune Ganda mengatakan, “Saat ini kita bersama-sama Panen Perdana Komoditi Holtikultura Cabai dan melihat hasil yang ditunjukkan oleh Kelompok Tani Wanita Milenial yang ikut membantu meningkatkan kemampuan, penghasilan dan ketahanan pangan dari masing-masing keluarga yang ada di Bahoi.

Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Bahoi Kelompok Wanita Tani Milenial yang sudah menunjukkan kinerja yang baik, dimana sudah memberikan hasil dari bantuan yang sudah diberikan Pemerintah dan membantu meningkatkan penghasilan dan ketahanan pangan di Desa Bahoi”, ujar Bupati Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Allan Mingkid.

Bupati Joune Ganda saat foto bersama kelompok wanita tani milenial

 

Lanjutnya, “Desa Bahoi ini, seperti yang kita ketahui bersama, adalah Desa Wisata yang nanti akan mendapatkan banyak perhatian dari Pemerintah termasuk Pemerintah Kabupaten.

Tentunya kami berharap agar setiap potensi di Desa Wisata Bahoi bisa diangkat. Pemerintah Kabupaten akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan agar masyarakat ikut merasakan perhatian Pemerintah Kabupaten terhadap masyarakat”, tutur Bupati Joune Ganda.

“Beberapa minggu lalu, tiga desa di Kabupaten Minahasa Utara sudah mendapat penghargaan tingkat Nasional di ajang Trisakti Tourism Award, semoga nantinya Desa Bahoi ini bisa ikut serta berpartisipasi untuk ikut dalam ajang Desa Wisata berikutnya, tentunya ditunjangan dengan keaktifan dari masyarakat.

Mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Bahoi atas prestasi yang dicapai :
Tingkat Penanganan Covid-19 yang luar biasa dan Tingkat Penanganan Stunting yang sudah memberikan hasil, sehingga Desa Bahoi Bebas Stunting”, ungkap Bupati Joune Ganda mengapresiasi Pemerintah Desa Bahoi.

Kepala Dinas Pariwisata Ir. Johana Manua, dalam laporannya mengatakan, “Panen Perdana Komoditi Holtikultura Cabai, kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021 oleh Kelompok Wanita Tani “Milenial” Desa Bahoi, maksud dari pada kegiatan ini untuk mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H. dalam melaksanakan intervensi Stunting.

Perlu diketahui, anak Stunting di Desa Bahoi ada 4 anak. Tahun lalu, lulus 3 anak dan tahun ini lulus 1 anak.
Dengan pelaksanaan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021 Kelompok Tani Wanita Milenial, mampu menunjang penurunan Stunting sehingga Desa Bahoi saat ini Bebas Stunting”, ujar Kadis Pangan Johana Manua.

Lanjut dikatakannya, “Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021 ini merupakan bentuk sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Desa Bahoi sebagai salah satu Desa penerima bantuan, dimana Desa Bahoi mempunyai potensi lahan pekarangan yang cukup luas untuk ditanami tanaman Holtikultura.

Anggota Kelompok Tani Wanita Milenial berjumlah 30 orang (beberapa diantaranya yang mempunyai anak Stunting), Kelompok Tani Wanita Milenial telah menerima bantuan dari Pemerintah sebesar Rp.60 juta rupiah, yang telah diserahkan langsung oleh Bupati Joune Ganda pada Februari lalu, dan dengan pelaksanaan kegiatan
Pekarangan Pangan Lestari (P2L), saat ini Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung akan panen bersama Kelompok Tani Wanita Milenial”, tutur Kadis Pangan Johana Manua dalam laporannya.

Panen Perdana Komoditi Holtikultura Cabai diikuti juga oleh Camat Likupang Barat, Swengly Takainginan, Kapolsek Likupang, Hukum Tua Desa Bahoi, Daud Dalero, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Wanita Milenial.

(red)

Leave a reply