Pemerintah Kota Tomohon Menggelar Rapat Koordinasi Tim High Level TPID

0
26

Pemerintah Kota Tomohon, dalam hal ini Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Tim High Level TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah)

 

CelebestodayTomohon – Pemerintah Kota Tomohon, dalam hal ini Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Tim High Level TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Tomohon, yang dilaksanakan di ruang rapat lantai tiga Kantor Setda Kota Tomohon, pada Selasa, 23 November 2021.

Plt Kabag Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Ir. Nova Rompas, yang juga sebagai Staf Ahli Walikota menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan, “Maksud dan tujuan Rapat Koordinasi Tim High Level TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Tomohon adalah untuk mensukseskan program Pemerintah dalam upaya menciptakan stabilitas harga di Daerah sehingga dapat mempertahankan kesejahteraan masyarakat, untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi pelaku ekonomi dalam melakukan kegiatan usaha, khususnya para pelaku UMKM pangan, serta untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga, proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh produktif ditengah pandemi dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian”, ujar Plt Kabag Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Ir. Nova Rompas.

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. melalui Assisten Perekonomian Sekda, Ir. Enos Pontororing MSi saat membuka kegiatan menjelaskan, Rapat Koordinasi Tim High Level TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Tomohon ini sangat penting dalam rangka membahas tentang strategi dan kebijakan yang sejalan dengan apa yang menjadi tema Nasional dalam Rakornas pengendalian inflasi tahun 2021 yang bertema “Mendorong peningkatan peran UMKM pangan melalui optimalisasi digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan”.

Adapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam pengendalian inflasi di masa pandemi diantaranya menyusun dokumen strategi dan rencana aksi antisipasi pangan.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan perhatian khusus dan berupaya meningkatkan produktivitas bahan-bahan yang rentan terhadap inflasi akibat dampak pandemi ini”, ujar Assisten Perekonomian Sekda, Ir. Enos Pontororing, M.Si.

Lanjut dikatakannya, “Untuk Kota Tomohon sendiri ketersediaan bahan pokok melalui Dinas Pangan triwulan terakhir ini masih mencukupi.
di penghujung bulan November 2021, ketersediaan dan harga komoditi barito relatif aman dan bahkan mengalami penurunan.

Saat ini kita akan menghadapi kegiatan besar keagamaan dalam memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru.
Dimasa ini sering terjadi gejolak ketersediaan bahan pokok dan kenaikan harga, maka upaya Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon bekerja sama dengan dinas terkait di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan mengadakan kegiatan bazar pangan murah di beberapa lokasi di Kota Tomohon sebagai upaya membantu masyarakat dalam menyediakan barang dan kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau”, tukas Assisten Perekonomian Sekda, Ir. Enos Pontororing, M.Si.

“TPID diharapkan mampu melakukan langkah-langkah stategis terutama di masa pandemi covid-19, dengan melakukan upaya-upaya pengendalian dan menekan inflasi.

Diharapkan juga melalui kegiatan ini akan menghasilkan kebijakan yang tepat guna peningkatan ketersediaan pangan pokok beras dan non beras, dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan konsumsi pangan di Kota Tomohon”, tandasnya.

Rapat Koordinasi Tim High Level TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kota Tomohon, sebagai nara sumber, Kepala Tim Advisory Divisi Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Edi Adi Irianto, secara daring dan dihadiri secara langsung sebagai narasumber, Kasubag Analis Ekonomi Biro Perekonomian Sulut Anita Masiuw, S.E., MSi., juga Kajari Tomohon Fien Ering, S.H., M.H. bersama para pejabat dan unsur terkait lainnya.

(bri)

Leave a reply