Maknai Idul Adha, Walikota Caroll Senduk Serahkan Hewan Qurban

0
51

Walikota Caroll Senduk menyerahkan Hewan Qorban berupa sapi

 

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menyerahkan secara simbolis hewan Qurban dalam rangka Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021, yang dilaksanakan di lapangan kantor Pemkot Tomohon pada Senin, 19 Juli 2021.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan 1 ekor Sapi hewan Qurban untuk Masjid Nurul Iman Kampung Jawa sedangkan Pemerintah Kota Tomohon memberikan bantuan 2 ekor sapi hewan Qurban masing-masing 1 ekor sapi kepada Masjid Al-Mujahidin Matani dan Masjid Nurul Iman Kampung Jawa serta Bank SulutGo memberikan bantuan 3 ekor sapi hewan Qurban masing- masing 1 ekor kepada Masjid Al-Mujahidin Matani, Masjid Nurul Iman Kampung Jawa dan Masjid Al- Mujahirin Uluindano.

Walikota Tomohon menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada pengurus Masjid.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. mengatakan, “Atas nama Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Kota Tomohon, serta atas nama pribadi dan keluarga Senduk-Karundeng beserta Wakil Walikota Tomohon Bapak Wenny Lumentut, SE bersama keluarga Lumentut-Sangi, menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, kepada segenap umat muslim di Kota Tomohon.

Dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil, untuk mengagungkan kebesaran Allah Subhanahu Wata Allah (SWT), Hari Raya Idul Adha ini merupakan hari besar kemanusiaan dan keimanan umat muslim yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan Qurban, yang mana untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam.

Meskipun peringatan perayaan Idul Adha di dua tahun ini sangatlah berbeda dikarenakan pandemi covid-19, maka seluruh kegiatan yang dilakukan masih dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk penyerahan hewan Qurban yang biasanya dilakukan di masing-masing Masjid, karena situasi covid-19 yang makin meningkat saat ini, sehingga tidak memungkinkan dilakukan di masing-masing Masjid.

Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan yang harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan, terkandung nilai-nilai sosial kemanusian mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, dan saling memberi agar terjalin keharmonisan dalam kehidupan beragama dalam semangat rela berkurban dan sedekah yang diharapkan dapat menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan, sehingga tertanam kasih sayang, hati dan rasa menyatu dalam ikatan batin diantara masyarakat Kota Tomohon dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat.

Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan 1 ekor hewan kurban, Pemerintah Kota Tomohon 2 ekor hewan Qurban dan Bank Sulut go 3 hewan Qurban untuk umat muslim di Kota Tomohon. Pemberian bantuan hewan Qurban selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah sang pencipta, juga untuk meningkatkan kepedulian kepada kaum yang lemah dan miskin, sehingga terbina rasa persaudaraan yang lebih erat antara Pemerintah dengan masyarakat muslim.

Sesuai dengan misi pertama Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yaitu “Menjaga dan melestarikan Kota Tomohon sebagai Kota Religius”, maka perhatian dan penghargaan kepada masyarakat tanpa memandang latar belakang agama dan kepercayaan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Tomohon, yang akhirnya akan membawa Kota Tomohon menjadi lebih maju, lebih sejahtera dan lebih hebat. Akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa Qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan Kota Tomohon untuk mencapai kemajuan Daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas untuk Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kajari Tomohon Fien Ering, S.H., M.H., Anggota DPRD Kota Tomohon Noldie Lengkong, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si., Ketua DPC Nadhlatul Ulam

(bri)

Leave a reply