Enos Pontororing Kukuhkan Tiga Poktan

0
163

 

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si. mengukuhkan Kelompok Tani (Poktan) Nei Rag Rag, Kelompok Tani Ruko 11 dan Kelompok Tani Lestari Kelurahan Kayawu, yang dilaksanakan di Kelurahan Kayawu Kecamatan Tomohon Utara pada Kamis, 24 Juni 2021.

Pengukuhan dirangkaikan juga dengan penandatanganan berita acara pengukuhan serta penyerahan sertifikat.

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, M.Si. mengatakan, “Mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Kelompok Tani (Poktan) Nei Rag Rag, Kelompok Tani (Poktan) Ruko 11 dan Kelompok Tani (Poktan) Lestari di Kelurahan Kayawu, semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah mengelola dan membina Kelompok Tani (Poktan) untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kelurahan Kayawu dan Kota Tomohon”, ungkap Ir. Enos Pontororing, M.Si.

Lanjutnya, “Pemerintah Kota Tomohon akan terus mendorong setiap kreatifitas dan motivasi para petani untuk tetap memajukan pertanian yang adalah sektor andalan dalam menopang perekonomian nasional maupun daerah.
Oleh karena itu, pembangunan pertanian menjadi prioritas utama yang ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan yang senantiasa mendukung arus perdagangan dan perputaran ekonomi yang mendukung industri didalamnya kepariwisataan di Kota Tomohon dan Sulawesi Utara pada umumnya.

Hal ini sesuai dengan visi kami : Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dengan misi ke empat: memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

“Selaras dengan program unggulan kami dalam peningkatan hasil-hasil produksi pertanian melalui mekanisasi alat-alat pertanian maka Pemerintah Kota Tomohon akan senantiasa memberikan perhatian dan dukungan kepada para petani melalui wadah Kelompok Tani (Poktan) yang ada di setiap Kelurahan.

Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok-kelompok tani di Kelurahan Kayawu, agar senantiasa memahami arah dan tujuan organisasi ini, untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dan kesejahteraan anggota dan keluarga, serta menjalankan fungsi utamanya sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan produktifitas, pendapatan untuk kehidupan yang lebih baik” tukas Ir. Enos Pontororing, M.Si.

Lanjut dikatakannya, “Saya berharap agar kelompok-kelompok tani ini bersama anggotanya benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian terkini, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran hasil.

Karena itu, dalam meningkatkan usaha pertanian maka kita diharapkan agar bekerja sama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan perekonomian para petani dan masyarakat, karena mengelola lahan pertanian, hasilnya bukan hanya untuk konsumsi individu atau kelompok saja tetapi sekarang merupakan kebutuhan hidup dan kesejahteraan.

Kelompok tani era sekarang sudah saatnya mengubah paradigma. Filosofinya adalah kita harus berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan melihat prospek pasar, memproduksi dan menggunakan pupuk organik serta memberdayakan lahan-lahan tidur dan produktif, sehingga memiliki nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani dan masyarakat umum”, tutur Ir. Enos Pontororing, M.Si.

 

Pengukuhan Kelompok Tani (Poktan) Nei Rag Rag, Kelompok Tani (Poktan) Ruko 11 dan Kelompok Tani (Poktan) Lestari Kelurahan Kayawu dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kota J. S. T. Pandeirot, S.Pd., M.M., Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. bersama para penyuluh pertanian, Lurah Kayawu Ferry Pojoh, S.Pd., dan Para Pengurus dan anggota 3 Kelompok Tani (Poktan).

(bri)

Leave a reply