Penutupan Latihan Matra Udara II Koopsud II “Sikatan Daya” 2023

0
53

 

Minut – Lanud Sam Ratulangi mengikuti Penutupan Latihan Matra Udara II Koopsud II “Sikatan Daya” 2023 di ruang rapat Mako Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Selasa, 30 Mei 2023, secara Daring.

Mewakili Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., para Kepala Dinas Lanud Sam Ratulangi mengikuti acara yang resmi ditutup Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro, S.E., M.M., dari ruang rapat Suryadi Suryadarma Makoopsud II, Makassar.

Pada kesempatan ini, Pangkoopsud II mengatakan bahwa Latihan Sikatan Daya 2023 menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Koopsud II.

“Tujuan adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Koops Udara II dan satuan jajaran dalam melaksanakan operasi udara secara komprehensif dan menyeluruh,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, satuan jajaran senantiasa siap melaksanakan perintah Komando Atas dalam menghadapi eskalasi nasional.

“Kita bisa lihat dan nilai bagaimana tingkat kesiapan, profesionalisme, dan kerja sama antar awak pesawat, kemampuan koordinasi, pengaplikasian prosedur, taktik, dan teknik, serta sarana menguji alutsista, sarana-prasarana dan prosedur melaksanakan operasi udara,” tegasnya.

Pangkoopsud II menekankan mengenai kesiapan operasional alutsista, serta menghimbau kepada Danlat, Wasdal, Penilai, agar mencatat secara detail dan lengkap evaluasi selama pelaksanaan latihan sebagai acuan untuk pembenahan ke depan.

Setelah selesainya latihan ini, lanjut Pangkoopsud II, lakukan evaluasi sebagai upaya meningkatkan penyelenggaraan latihan selanjutnya dalam rangka menghadapi tantangan kedepan yang semakin besar dan kompleks.

Selanjutnya, Pangkoopsud II menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara dan peserta latihan, serta berharap latihan ini dapat menambah pengalaman membuka wawasan, dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas.

(red**)