Kunjungan DPRD Sulut ke Universitas Negeri Manado (Unima)

0
70

Sulut – DPRD Provinsi Sulawesi Utara Melakukan Kunjungan ke Universitas Negeri Manado (UNIMA), pada Kamis, 04 Agustus 2023.

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A Katuuk, M.Pd menghadirkan 15 pimpinan Unima yang terdiri dari para Guru besar, Wakil Rektor, Dekan, Pimpinan Lembaga, Staf Dosen maupun Pejabat struktur di lingkungan Unima, untuk menjamu kunjungan Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen bersama tim.

Kali ini, Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen menjadikan Unima sebagai salah satu PTN di Sulut yang nantinya akan berperan penting dalam pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tentang, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). “Kita tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) sebelumnya, yang ikut mengunjungi beberapa Universitas dalam rangka melibatkan peran perguruan tinggi untuk pembentukan Ranperda BRIDA”, ujar Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen.

Sementara, Rektor Unima Prof. Deitje Katuuk dalam pertemuan tersebut mengatakan, Unima pada prinsipnya siap all out untuk mendukung pembentukan ranperda BRIDA. “Pembentukan BRIDA ini merupakan salah satu agenda yang sangat penting dan strategis, karena berhubungan erat dengan misi dan visi Unima,” kata Prof Katuuk di dampingi oleh Ketua Tim Pengembangan Percepatan Unima Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd.

Rektor yang baru saja ditetapkan sebagai Ketua Forum Pimpinan 15 Perguruan Tinggi di Sulut ini mengatakan, tatap muka pimpinan Universitas Negeri Manado bersama DPRD Sulut untuk menyiapkan pembentukan ranperda BRIDA, merupakan agenda penting karena berhubungan langsung dengan salah satu Dharma perguruan tinggi yaitu penelitian. “Diharapkan nanti segera ada regulasi yang nantinya bisa menidak-lanjuti pertemua hari ini,” harap Prof Katuuk, yang baru-baru ini ikut ditetapkan oleh Kapolda Sulut sebagai Penasehat Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman.

Ikut mendampingi Andi Silangen dalam tatap muka kali ini diantaranya, Wakil Ketua Bapemperda Melky Pangemanan, SIP, MAP, anggota Bapemperda Fabian Kaloh, SIP, M.Si, dan anggota DPRD Sulut lainnya Yusra Alhabsyi, SE.

Sementara, 15 pimpinan Unima yang terdiri dari para Guru besar, Dekan, Pimpinan Lembaga serta Pejabat Struktural yang hadir dalam pertemuan tersebut masing-masing, Ketua Tim Pengembangan Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd, Sekretaris Senat Unima, Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, ketua SPI Prof. Dr. Philotheus E.A Tuerah, M.Si.,DEA., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Umum Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Donal Ratu, M.Hum., Ketua LPPM Unima, Dr. Armstrong Sompotan, M.Si., Kepala LP3M Dr. Patricia M. Silangen, S.Pd, Msi.

Diunsur Dekan hadir diantaranya, Dekan FT Dr. Djubir Ruslan Eddy Kembuan, M.Pd, Dekan FIKKM Prof. Dr. Theo W. E. Mautang, M.Kes., AIFO, Dekan FBS Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Dekan FISH, Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D, Dekan FEB Dr. Joseph P. Kambey, MBA., Ak dan Kepala Humas Drs.Titof Tulaka, SH. M.AP. Ikut juga dalam pertemuan tersebut Kabag Umum dan Plt. Karo Vivi W. Saroinsong, S.Pi, MAP dan Staf Kerja Sama Dr. (Cand) Marcia Watulingas, S.Pd, M.Pd.

(red**)