Hari Pahlawan, Ardiles Mewoh Berikan Materi Peran Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Sulut, Dr. Ardiles M.R Mewoh, S.IP., M.Si.

Sulut – Pentingnya keikutsertaan pemilih pemula pada Pemilu Tahun 2024 mendatang, dengan jumlah pemilih pemula paling banyak di Pemilu 2024 ini, pemilih pemula menjadi pemilih yang paling berperan untuk mewujudkan Pemilu damai tahun 2024. Bersama mengawasi proses pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, memerangi hoax, ekstremisme, politik identitas menjelang pelaksanaan Pemilu damai 2024.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Sulut, Dr. Ardiles M.R Mewoh, S.IP., M.Si. didampingi Steffen S Linu, SS., MAP., Anggota Bawaslu Sulut, Kordinator Devisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, saat memberikan materi kepada pelajar dan mahasiswa dalam Sosialisasi Hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Minahasa Utara, DPRD Kabupaten/Kota kepada Pemilih Pemula di Provinsi Sulawesi Utara, yang digelar POLDA SULUT, di Wisma Lorenzo Manado, pada Jumat, 10 November 2023.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang boleh di gelar oleh Polda Sulut dalam hal ini Dir Intelkam. Berharap kegiatan ini bukan cuma sampai disini, pihak kami Bawaslu akan mengagendakan untuk turun langsung di kampus-kampus dan SMU dalam memberikan pemaham terkait kinerja dari Bawaslu Sulut”, ujar Ketua Bawaslu Sulut, Dr. Ardiles M.R Mewoh, S.IP., M.Si.

Lanjutnya, “Harapan diadakannya sosialisasi ini peran serta Pemilu oleh Pelajar dan Mahasiswa sebagai Generasi penerus dapat memahami pentingnya Etika dalam Pemilu dan menjadi bekal menjadi pemimpin di masa depan. Kesadaran Pemilih Pemula dalam Pemilu yaitu Kesadaran, Hak, dan Pemilu. Berharap dengan menanamkan nilai- nilai kesadaran dalam Pelaksanaan Demokrasi pemilu, Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dapat menjadi motor penggerak perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam kerangka negara hukum demokratis religius di masa depan.

Sosialisasi ini sebagai upaya untuk mensukseskan Pemilu. Pemilih Pemula menjadi langkah awal untuk membentuk pelaksanaan demokrasi yang mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pemilih Pemula nantinya akan menjadi pemilih Pemilu untuk periode berikutnya sehingga Pemilu mampu berjalan dengan baik dikarenakan pemahaman dan kesadaran yang mereka miliki akan pentingnya demokrasi yang sesuai dengan asas-asas Pancasila.

Pemilih pemula, adik-adik pelajar dan mahasiswa yang muda-muda ini pasti akan menyerap informasi secara bijaksana, menangkap sebuah informasi itu dengan diteliti terlebih dahulu, pasti dari sisi literasinya pasti lebih baik dari yang sudah lansia. Dengan demikian, maka muncullah pemilih yang cerdas di negara Indonesia yang mampu melaksanakan kehidupan sosial dan politik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila demi kesejahteraan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, ujar Ketua Bawaslu Sulut, Dr. Ardiles M.R Mewoh, S.IP., M.Si.

“Jumlah yang banyak bagi pemilih pemula sangat berperan dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Pemilih pemula paling banyak jumlahnya jadi adik adik sekalian orang yang sangat berperan didalam Pemilu 2024. Peran adik-adik pemilih muda dalam kerja kolaboratif, jadi selain kita akan berpartisipasi tanggal 14 Februari, semua ke TPS kita cukup sampai situ. Pemilih yang baik itu partisipasi yang baik juga turut melakukan pengawasan.

Oleh karena itu saya sangat berkeyakinan bahwa karena Pemilu tahun 2004 sebagian besar pemilihnya adalah pemilih pemula atau pemilih muda, maka apa yang disebut dengan dengan politik identitas, dengan ekstremisme, itu pasti sudah akan dapat kita perangi bersama.

 

Untuk mewujudkan Pemilu damai 2024 butuh dukungan semua pihak, semua yang kepentingan termasuk dari Polri, dari TNI, dari partai politik, peserta Pemilu, dari peserta calon DPD dan semua yang berkepentingan itu harus berusaha sama-sama kita mewujudkan Pemilundamai tahun 2024, kita jaga Sulawesi Utara ini. Sudah dari Pemilu ke Pemilu, berlangsung dengan lancar dan kebebasan politik di Sulawesi Utara ini sudah teruji. Pemilu kepala daerah tahun 2020 Sulawesi Utara peringkat pertama partisipasi memilih tertinggi nasional Indonesia.

 

Mari bersama mengawasi Pemilu supaya Pemilu berjalan aman, lancar dan damai sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tidak terjadi pelanggaran, tidak terjadi sengketa yang berlarut-larut, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, melakukan pengawasan supaya meminimalisasi terjadinya pelanggaran. Dikesempatan ini bersama-sama berkomitmen, mendeklarasikan keinginan kita bersama, keinginan yang kuat kita secara kolektif bersama-sama untuk mewujudkan Pemilu damai, aman dan tentram”, ujar Ketua Bawaslu Sulut, Dr. Ardiles M.R Mewoh, S.IP., M.Si. didampingi Steffen S Linu, SS., MAP., Anggota Bawaslu Sulut, Kordinator Devisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat

“Kegiatan sebelumnya, Pelajar dan Mahasiswa sudah melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen. Pol. Setyo Budiyanto. SH. MH.
Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar dan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR)”, ujar Kombes Pol Albert Barita Sihombing, Dir Intelkam Polda Sulut.

(red**)