Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minut Ajak Jurnalis dan Organisasi Masyarakat Awasi Tahapan Pilkada 2024

Minut – Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Jurnalis dan Organisasi Masyarakat pada Tahapan Pilkada Tahun 2024, yang diselenggarakan di Hotel Sutan Raja, Maumbi Minut, pada Selasa, 25 Juni 2024

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Tahapan Pilkada Tahun 2024 dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Minut Rocky Marciano Ambar, SH., LLM., M.Kn. di dampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Minut Michael Polii dan menghadirkan Pemateri : Ketua PWI Sulut Vocke Lontaan dan Johnny Suak, SE., M.Si.

Ketua Bawaslu Minut Rocky Marciano Ambar, SH., LLM., M.Kn. dalam penyampaiannya mengatakan, “Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Tahapan Pilkada Tahun 2024 ini untuk mendekatkan Bawaslu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan jurnalis karena mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu kami dalam melakukan Pengawasan Partisipatif dalam setiap Tahapan Pilkada 2024 bisa berjalan sesuai dengan perundangan-undangan”, ujar Ketua Bawaslu Rocky Ambar.

Lanjut dikatakannya, “Pilkada tahun 2024 perlu di garis bawahi adalah kedaulatan rakyat. Kita punya tanggung jawab bersama. Suksesnya Pemilu adalah tingkat Partisipatif kita bersama.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini dengan harapan Bawaslu yang hadir pada saat ini bisa menjadi teman, sahabat, masyarakat Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada demi terwujudnya Pilkada 2024 di Kabupaten Minahasa Utara”, ujar Ketua Bawaslu Rocky Ambar.

Komisioner Bawaslu Minut Waldy Mokodompit mengatakan, “Bawaslu sendiri dari segi kuantitas, dari penyelenggara KPU, Bawaslu lebih sedikit. Dengan begitu banyak dinamika yang terjadi kita harus akui dinamika Pemilu dan Pilkada sedikit berbeda, yaitu tingkat kerawanan lebih tinggi. Jadi sangat mengharapkan dengan keterlibatan semua elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan-tahapan yang berlangsung.

Hari ini kami mengundang stake holder yang terkait dalam rangka bagaimana menopang atau mendukung kerja-kerja kami dengan kuantitas kami yang sedikit dan kami yakin dan percaya ketika kami melibatkan masyarakat dan Stakeholder, tingkat pelanggaran akan menurun.

Berharap masyarakat bisa menjadi salah satu corong kami atau membantu kami di lapangan dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan. Bersama rakyat awasi Pemilu, artinya kami Bawaslu tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dan topangan dari masyarakat dan stakeholder. Jadi keterlibatan dari masyarakat sangat kami butuhkan.

Kami berharap kepada masyarakat dan stake holder membantu kami Bawaslu dalam mengemban apa yang menjadi amanah dari regulasi itu sendiri”, tukas Komisioner Bawaslu Minut Waldy Mokodompit.

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Jurnalis dan Organisasi Masyarakat pada Tahapan Pilkada Tahun 2024 yang dihadiri oleh Jurnalis, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, ditutup oleh Komisioner Bawaslu Minut Waldy Mokodompit.

(enol)