PemKab Minut Gerak Cepat Tangani Bencana Alam

0
15

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) respons cepat menangani korban bencana alam banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Minahasa Utara, yang telah menyebabkan kerusakan rumah, infrastruktur dan harta benda warga di beberapa wilayah Minut, yang terjadi pada Sabtu, 02 Maret 2024.

Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah, instruksi telah diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Camat dan jajaran untuk segera turun ke lokasi bencana guna meninjau langsung kondisi di lapangan. Selain itu, dinas terkait juga telah diinstruksikan untuk melakukan pendataan dan assesment kerusakan akibat bencana alam. Hal ini bertujuan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat korban yang terdampak.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda mengatakan, “Mengungkapkan kepedulian yang mendalam atas musibah yang terjadi. Menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam, terutama di musim hujan seperti saat ini. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga telah memperkuat layanan tanggap darurat melalui nomor WhatsApp dan call center. Langkah ini diambil untuk memudahkan masyarakat dalam menghubungi pihak terkait dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dalam situasi darurat”, tutur Bupati Joune Ganda.

Pemkab Minut juga telah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam, seperti perbaikan jalan, perbaikan jembatan dan perbaikan jaringan listrik. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat yang terdampak dapat segera pulih dan dapat kembali beraktivitas seperti biasa.
Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal penanganan bencana alam. Diharapkan dengan langkah-langkah yang diambil, masyarakat yang terdampak bencana alam dapat segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala”, tukas Bupati Joune Ganda.

Berikut adalah daftar desa yang telah melaporkan dampak bencana:

1. Kima Bajo (pohon tumbang)
2. Mapanget (banjir)
3. Winetin (banjir)
4. Talawaan (banjir akibat sampah yang menutupi permukaan sungai)
5. Talawaan Atas (longsor)
6. Talawaan Bantik (longsor)

:

(Nomor chat WhatsApp) 0813-8000-7460
Wa Lapor JaGa KaWaL 0811 5350 1123
CALL CENTER Minut Siaga JGKWL: 112.

(enol)