PemDes Maliambao Likupang Barat Salurkan BLT kepada 60 KPM

 

Minut – Pemerintah Desa Maliambao, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Hukum Tua Wasti Kainage, hari ini menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023, sekaligus 3 bulan, yaitu bulan Januari, Februari dan Maret, yang dilaksanakan di Kantor Desa Maliambao pada Rabu, 10 Mei 2023.

Penyaluran BLT Desa Maliambao dihadiri oleh Sekretaris Camat Liana Papia, S.E., mewakili Camat Maykel Parengkuan, yang dalam sambutannya mengatakan, “Mengapresiasi Desa Maliambao dibawah kepemimpinan Hukum Tua Wasti Kainage yang sudah menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2023 sebanyak 60 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan menyalurkannya pada hari ini.

Alokasi BLT Dana Desa tahun 2023 berbeda dengan tahun 2022. Masyarakat yang diprioritaskan adalah masyarakat yang masuk data ekstrim (kemiskinan, penyakit menahun dan disabilitas). Calon kriteria KPM tahun 2023 yaitu kehilangan mata pencaharian, mempunyai keluarga yang rentan sakit menahun, tidak menerima bantuan sosial PKH.
Berharap Bantuan Langsung Tunai ini dipergunakan sebaik-baiknya untuk keperluan keluarga.

Mari bersama terus dukung program, visi dan misi Pemerintah Kecamatan Likupang Barat dibawah kepemimpinan Camat Maykel Parengkuan dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dengan terus menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban masyarakat”, ujar Sekretaris Camat Liana Papia.

Hukum Tua Wasti Kainage mengatakan, “Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Bab VII Pasal 35 bahwa Pemerintah Desa menganggarkan dan melaksanakan kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa, diutamakan penggunaannya salah satunya untuk program pemulihan ekonomi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT Desa paling sedikit 10% (sepuluh persen) dan paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari anggaran Dana Desa.

Alokasi BLT Dana Desa tahun 2023 berbeda dengan tahun 2022. Tahun sebelumnya 40 persen, sedangkan tahun ini 25 persen dan ini sudah diatur oleh Pemerintah Pusat.
Besaran BLT Desa ditetapkan sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk bulan pertama sampai dengan bulan kedua belas per keluarga penerima manfaat”, jelas Hukum Tua Wasti Kainage.

Lanjut dikatakannnya, “Pada hari ini Pemerintah Desa Maliambao menyalurkan BLT DD Tahun 2023 kepada 60 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Penetapan KPM BLT DD Tahun 2023 merupakan hasil Musyawarah yang mana telah ditetapkan sebanyak 60 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Penyaluran BLT DD terhadap para warga KPM sudah melalui mekanisme dan tahapan pelaksanaan yang diselenggarakan bersama BPD, dimana penyaluran hari ini, berlangsung lancar terhadap 60 KPM.

Berharap Bantuan Langsung Tunai ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dimanfaatkan sesuai keperluannya, sesuai dengan peruntukkannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban bermasyarakat, juga terus mendukung program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung untuk mewujudkan Kabupaten Minahasa Utara Hebat”, tandas Hukum Tua Wasti Kainage didampingi SekDes Asilisa Moningka dan Bendahara Ferewati Bidaming, S.Pd.

Penyaluran BLT kepada 60 KPM di Desa Maliambao, Kecamatan Likupang Barat dihadiri juga oleh Ketua BPD Norma Kareho, S.Pd., M.M., dan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

(res**)