KPU Minut Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada 2024, Lumanauw : Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2024

Minut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Peluncuran Tahapan Pilkada Tahun 2024 dan Dialog bersama FORKOPIMDA Kabupaten Minahasa Utara, yang diselenggarakan di Lapangan Airmadidi Atas, pada Senin, 10 Juni 2024.

Yang menjadi narasumber dalam dialog ini Forkopimda, yang terdiri dari Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Kejari Edmon N. Purba, SH, MH, Kapolres AKBP Dandung Putut Wibowo dan Dandim 13/10 Bitung Minut Letkol czi Hanif Tupen, S.T. M.I.P.

Dalam sambutannya Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw mengatakan, “Tujuan dari pada Kegiatan Launching pada saat ini, agar masyarakat Minahasa Utara mengetahui Tahapan Pilkada di Minahasa Utara sudah di mulai.

KPU Minahasa Utara dalam menyelenggarakan tahapan ada dua tahapan besar yaitu Tahapan Persiapan dan Tahapan Penyelenggaraan.
KPU Minut memantapkan sebuah tahapan dengan berkolaborasi dalam program bergandengan tangan dengan Forkopimda.

Partisipasi masyarakat, kami menargetkan 131 Desa termasuk desa yang berada di kepulauan, karena ini bagian dari wujud pertanggungjawaban KPU MINUT kepada masyarakat karena proses Pilkada ini dari dan untuk rakyat. Salah satunya yaitu program Pendidikan Pemilu untuk masyarakat”, ujar Ketua KPU Kabupaten Minahasa Utara, Hendra Lumanauw.

 

Lanjut dikatakannya, “Tahapan Penyelenggaraan sudah di depan mata dan kami sedang mempersiapkan pola kerja yang terus dikoordinasikan, pemutakhiran data pemilu dan sedang kami lakukan pemetaan TPS. Ada 352 TPS terjadi reproduksian jumlah dari TPS, dari Pemilu 669. Itu bagian bagaimana KPU menterjemahkan regulasi. Sudah kami persiapkan dan diplenokan berapa jumlah TPS dan berapa jumlah petugas yang akan melakukan Pemutakhiran data Pemilih.

Ini adalah langkah-langkah persiapan penyelenggaraan sampai pada tahapan masa pencalonan pada tanggal 24-26 Agustus pengumumannya, sampai pada penetapan calon 22 September, sehingga proses penyelenggara itu muaranya hari Rabu tanggal 27 November 2024”, ujar Hendra Lumanauw.

“Untuk tantangan, kami bekerja sudah terbiasa dengan tantangan. Pilkada Tahun 2020 Pilkada diselenggarakan di tengah-tengah pandemi Covid-19, dimana kepercayaan publik itu menguji kerja kami. Disana kami dituntut bagaimana merawat dan mempertahankan tingkat partisipasi masyarakat. Kami dengan arahan KPU provinsi yang terus berkoordinasi memberikan metode-metode pendekatan TPS yang kami maksimalkan dan hasilnya,
Pilkada Tahun 2020 tingkat partisipasi masyarakaat 82 % ditengah covid-19 dan kami mampu melakukannya dengan kerja bersama. Ada stakeholder Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara, ada FORKOPIMDA, ada pimpinan kami KPU Provinsi Sulawesi Utara dan teman-teman Bawaslu”, ungkap Ketua KPU Kabupaten Minahasa Utara, Hendra Lumanauw.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda dalam penyampaiannya mengatakan, “Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mendukung sepenuhnya Pelaksanaan Pilkada sampai pada 27 November dalam pemungutan suara nanti.

Adapun dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bukan saja bersifat finansial tetapi demokrasi harus kita dukung sepenuhnya dan yang melaksanakan pekerjaan mendukung demokrasi ini adalah penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

Apabila kita mencintai daerah kita maka kita harus mendukung proses demokrasi. Itu menjadi komitmen kami Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, selalu mendukung setiap kegiatan proses demokrasi, khususnya Pilkada.

Dukungan Finansial Kabupaten Minahasa Utara tidak hanya MPHD untuk KPU dan Bawaslu tetapi juga untuk keamanan, kami juga membantu agar proses Pilkada nanti terjamin pelaksanaannya dengan aman dan damai.

Menyampaikan terima kasih KPU Minut yang telah berhasil melakukan proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Calon Legislatif, Pemilu sejak Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden”, ujar Bupati Joune Ganda.

Lanjut dikatakannya, “Pilihan boleh beda, tetapi rasa kebersamaan harus di kedepankan.
Mari kita tetap bersemangat untuk mewujudkan proses demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati dengan penuh rasa bergembira dan tentunya dan diakhiri dengan kesuksesan.

Penyelenggaraan bisa berakhir dengan damai dan aman dan proses Pemilu berjalan dengan lancar sampai kita mendapatkan hasil Pilkada yang betul-betul dengan hati dan nurani, pikiran rakyat yang diwujudkan pada saat memilih di TPS.

Selamat kepada KPU yang tadi sudah Launching Tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Kabupaten Minahasa Utara”, ujar Bupati Joune Ganda.

Launching Tahapan Pilkada Tahun 2024 dan Dialog bersama FORKOPIMDA Kabupaten Minahasa Utara dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Denny K. Lolong, S.Sos., Ketua Bawaslu Minahasa Utara Rocky Marciano Ambar, anggota Bawaslu Waldy Mokodompit juga Komisioner KPU MINUT Ibnu Mirwan Dali, Ireine Buyung dan Rizky Adrianus Pogaga.

Dalam kegiatan Launching Tahapan Pilkada Tahun 2024 dan Dialog bersama FORKOPIMDA Kabupaten Minahasa Utara yang dikemas dalam bentuk konser dengan mengundang artis terkemuka, ANJI, KPU MINUT juga mengundang partisipasi UMKM untuk masyarakat.

(enol)