Kadis Pendidikan Minut Pantau Pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 1 Airmadidi

 

Minut – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, Drs. Aldrin I. E. Posumah, M.Si. memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 1 Airmadidi, pada Senin, 08 Mei 2023.

“Pelaksanaan Ujian Sekolah tingkat SMP dilaksanakan mulai tanggal 08 Mei 2023 sampai dengan 15 Mei 2023. Ujian Sekolah tingkat SMP tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan aplikasi Portaldik. Jadi tidak lagi menggunakan kertas tetapi sudah menggunakan sistem tersebut, yaitu Aplikasi Portaldik”, jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, Drs. Aldrin I. E. Posumah, M.Si.

“Kami melakukan pengawasan terhadap 5 komponen, yaitu kesesuaian jadwal, kesesuaian persyaratan ruang Ujian Sekolah yang layak, kesesuaian persyaratan pengawas ruang Ujian Sekolah, pengaplikasian tata tertib pengawas dan tata tertib peserta Ujian Sekolah.
Adanya pemantauan langsung diharapkan Ujian Sekolah di SMPN 1 Airmadidi ini, dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah Amelia J. Ganda, S.Pd., M.Si. dapat mengikuti prosedur sehingga pelaksanaan Ujian Sekolah tingkat SMP kali ini dapat berjalan lancar, juga berharap kepada siswa- siswi agar mempersiapkan diri dengan baik dengan giat belajar di rumah sehingga dapat dengan mudah menjawab setiap soal-soal ujian. Selamat berjuang anak-anakku, kamu pasti bisa!”, tandas Kadis Aldrin Posumah.

Kepala Sekolah Amelia J. Ganda, S.Pd., M.Si. mengatakan, “Sebanyak 242 siswa-siswi kelas XII, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Airmadidi mengikuti Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2022/2023 yang dimulai hari ini, Senin, 08 Mei 2023.
Mengucap terima kasih atas kunjungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Drs. Aldrin I. E. Posumah, M.Si., untuk memastikan kelancaraan pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 1 Airmadidi”, ungkap Kepala Sekolah Amelia Ganda.

Lanjut dikatakannya, “Pola yang di gunakan pada pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 1 Airmadidi yakni 20 siswa dalam satu ruang kelas, terdapat 13 ruang. Ujian Sekolah tingkat SMP tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan aplikasi Portaldik. Jadi tidak lagi menggunakan kertas tetapi sudah menggunakan sistem tersebut, Aplikasi Portaldik, inovasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, Drs. Aldrin I. E. Posumah, M.Si.”, tandas KepSek Amelia Ganda.

“Hari pertama ini Ujian Sekolah tidak ada kendala, semua aman bahkan semua ikut ujian tidak ada yang sakit, karena sekolah juga sudah memperlengkapi mereka dan diingat-ingatkan, supaya mereka siap secara fisik, mereka siap untuk mengikuti ujian. Sebelum mengikuti Ujian Sekolah, siswa kelas XII sudah di bekali dengan pembekalan, bimbingan belajar, bahkan teknis juga, dan gladi bersih juga di laksanakan, karena yang kita gunakan ini teknik menggunakan Portaldik bukan secara manual, jadi di butuhkan teknik pelaksanaannya, handphone androidnya yang memang harus di tanamkan kepada mereka untuk mempersiapkan segala sesuatu sampai pada pulsa data sampai pada pelaksanaan ujian ini”, jelas Kepala Sekolah SMPN 1 Airmadidi, Amelia Ganda.

(red**)