Jelang Pilkada, KPU MINUT Sosialisasi di Pulau Bangka

Minut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut), dalam rangka persiapan Pilkada Tahun 2024, gencar mensosialisasikan Tahapan dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Kali ini, KPU MINUT menyeberangi lautan guna melakukan pertemuan dengan masyarakat yang ada di 2 Desa di Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur yakni Desa Lihunu dan Desa Ehe, pada Kamis, 20 Juni 2024.

“Meski berhasil melampaui target nasional tingkat partisipasi masyarakat di Pemilu 14 Februari lalu, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) tidak menjadikan capaian tersebut sebagai alasan untuk mengurangi kegiatan sosialisasi”, ujar Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Minut, Risky Pogaga, mengutip kalimat Ketua KPU Minut, Hendra Lumanauw.

Lanjut dikatakannya, “Hari ini kami baru saja melakukan sosialisasi di pulau Bangka, tepatnya di Desa Lihunu dan Ehe. Adapun salah satu poin yang ditekankan bahkan diulang-ulang pada sosialisasi itu ialah menyangkut ajakan kepada semua elemen masyarakat untuk ambil peran dalam pesta demokrasi 27 November 2024 mendatang.

Kami mengajak semua wajib pilih untuk datang ke TPS, karena dengan ambil bagian di bilik suara, kita ikut menentukan masa depan daerah yang kita cintai ini. Dan saya kira ini merupakan hal penting untuk jadi perhatian bersama,” ujar Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Minut, Risky Pogaga.

“Untuk tahapan rekrutmen Pantarlih, rekrutmen Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) saat ini sedang berlangsung dan saat ini sudah masuk dalam verifikasi dokumen yang nantinya dinyatakan lulus dan dilantik tanggal 24 Juni mendatang. Tugas Pantarlih nantinya adalah door to door (naik turun rumah) untuk memastikan bahwa data pemilih sudah sesuai daftar pemilih sementara. Termasuk mendata para pemilih pemula”, tukas Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Minut, Risky Pogaga.

Sementara itu, Narasumber turut ambil bagian dalam kegiatan itu, Efendy Sondakh menuturkan, ‘Tingkat partisipasi masyarakat pada Pileg kemarin untuk desa Lihunu menyentuh angka 80 persen. Ini merupakan catatan positif walaupun diharapkan boleh ditingkatkan lagi di Pilkada serentak nanti.
Nah, sekarang bagaimana kita jaga angka ini (Tingkat partisipasi), sehingga tidak turun. Sebaliknya, kalau meningkat, tentu akan sangat lebih baik.

Ayo kita ajak semua yang punya hak suara ke TPS untuk ikut berkontribusi membangun daerah ini lewat memilih figur yang mampu membawa Kabupaten Minahasa Utara ke arah yang lebih baik lagi,” ajaknya.

(enol)