Walikota Bitung Maurits Mantiri Kunjungi Balai Penelitian Tanaman Palma

0
45

Walikota Bitung Maurits Mantiri Kunjungi Balai Penelitian Tanaman Palma

 

Bitung – Walikota  Bitung Ir. Maurits Mantiri MM melakukan kunjungan di Balai Penelitian Tanaman Palma di Mapanget Manado pada Senin, 12 April 2021.

Dalam kunjungan Walikota Maurits Mantiri menerima tantangan untuk makan buah kelapa muda varitas unggul, ini membuktikan dan menunjukan Walikota peduli dan siap mengangkat tanaman dan produksi kelapa sebagai komuditi unggulan khususnya petani yang ada di Bitung bahkan di Sulawesi utara.

Di tengah upaya Pemerintah Kota Bitung di bawah kepemimpinan Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar dalam melakukan pemulihan ekonomi masyarakat dimasa pandemi Covid-19, berbagai program dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian.

Walikota  bersama rombongan diajak untuk menyaksikan tayangan profil balai di mini theater Taman Sains Pertanian (TSP). Selanjutnya, melihat komoditi dan tekhnologi-tekhnologi yang telah dihasilkan Balit Palma, mengunjungi unit pengolahan kelapa di kawasan TSP Balit Palma. Di unit pengolahan DME, di pandu peneliti pasca panen proses pembuatan VCO metode kering dengan menggunakan teknik Direct Micro Expeller (DME).

Dalam kunjungannya Walikota Maurits Mantiri mengatakan, “Kunjungan ini untuk meninjau penelitian kelapa dan pohon palma. Berharap kedepannya ada sinergitas antara stake holder yang berkaitan sehingga terwujudnya kerja sama yang baik untuk memajukan sektor pertanian khususnya petani kelapa, yang berkelanjutan dan melakukan berbagai inovasi”, ujar Walikota Maurits Mantiri.

Lanjutnya, “Maksud kunjungan ke Balit Palma juga dalam rangka konsultasi tentang pengolahan tanaman kelapa pada Balai Pertanian Manado. Tanaman/populasi kelapa di Minut jumlahnya banyak, namun produk yang dihasilkan belum terlalu dapat meningkatkan pendapatan petani. Oleh karena itu, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan informasi inovasi teknologi tentang pengolahan kelapa”, tutupnya.

(red)

 

Leave a reply