Walikota Caroll Senduk Panen Perdana Hasil Komoditi Jagung

0
156

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri sekaligus Panen Perdana Hasil Komoditi Jagung yang diprakarsai oleh Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut DPD Kota Tomohon

 

CelebestodayTomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri sekaligus Panen Perdana Hasil Komoditi Jagung yang diprakarsai oleh Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut DPD Kota Tomohon, di Perkebunan Belakang Seminari di Kelurahan Kakaskasen III Kecamatan Tomohon Utara, pada Senin, 27 September 2021.

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dalam sambutannya mengatakan, ‘Pemerintah Kota Tomohon menyambut baik dan memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut DPD Kota Tomohon yang telah berhasil melaksanakan program Pemerintah dalam menggerakkan perekonomian melalui kegiatan menanam. Hal ini terbukti dengan adanya pelaksanaan panen bersama hasil penanaman jagung oleh Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut DPD Kota Tomohon”, ujar Walikota Caroll Senduk mengapresiasi.

Lanjut dikatakannya, “Kegiatan ini selaras dengan visi Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, mendukung Pemerintah Kota Tomohon dalam misi memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Dengan terlaksananya panen perdana ini akan mendukung program pertanian dan menggerakkan perekonomian di Kota Tomohon sekaligus memberdayakan lahan-lahan tidur yang ada, karena komoditas-komoditas pertanian menjadi sumber pangan yang diminati setiap kalangan, terlebih dengan terbukanya pangsa pasar yang potensial.

Kota Tomohon yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari pertanian dan usaha jasa, karena wilayah ini di anugerahi tanah yang subur, maka harus diolah dengan baik dan ditanami tanaman yang bernilai ekonomi.
Begitu juga dengan adanya sumber daya manusia yang memadai, maka harus terus diberdayakan untuk mendukung gerakan bakobong atau gerakan menanam untuk ketahanan pangan.
Kita berpikir dan memahami bahwa hasil dari menanam bukan hanya untuk konsumsi individu atau kelompok saja tetapi sekarang menanam adalah untuk kebutuhan dan kelangsungan hidup.
Oleh karena itu harus diiringi dengan paradigma berpikir produktif dalam bercocok tanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah, sehingga memiliki nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan”, tukas Walikota Caroll Senduk.

“Saya menyambut baik kegiatan panen perdana ini yang merupakan tolok ukur dan menjadi pendorong bagi setiap organisasi dalam masyarakat serta menjadi pemicu motivasi bagi LSM yang ada untuk tetap meningkatkan semangat dalam melaksanakan kegiatan usaha pertanian tanaman jagung dalam rangka menjamin pemenuhan kebutuhan pangan demi memperkuat ekonomi masyarakat. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia untuk kesejahteraan hidup.

Selaku Walikota Tomohon, saya merasa bangga dapat hadir di tempat ini untuk menyaksikan salah satu keberhasilan LSM Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut DPD Kota Tomohon dalam bentuk panen perdana hasil penanaman jagung.
Saya terus berharap agar keberhasilan kegiatan LSM ini akan terus berlanjut demi peningkatan kesejahteraan, mulai dari keluarga masing-masing, pengurus dan anggota LSM sebagai bagian dari masyarakat kota Tomohon.

Semoga melalui panen perdana hasil penanaman jagung ini akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan dan masyarakat sadar akan pentingnya gerakan menanam untuk ketahanan dan kedaulatan pangan”, tutur Walikota Caroll Joram Azarias Senduk, S.H.

Hadir juga pada kegiatan ini Kapolda Sulawesi Utara yang diwakili oleh Direktur Intelkam Polda Sulut Kombespol. Budi Herwanto, S.H., M.H., Kapolres Tomohon AKBP. Bambang Ashari Gatot, S.I.K., M.H., Sekretaris DPP Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Endey S.Pd.Tel., Ketua DPD Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut Kota Tomohon Yans Mongdong, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt. Senduk Roeroe, M.Th., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, S.STP., dan Pengurus serta anggota Milisi Waraney Tanah Toar Lumimuut Kota Tomohon.

(bri)

Leave a reply