Walikota Caroll Senduk Rakernas Bersama Kemenkeu RI,

0
52

 

CelebestodayTomohon – Walikota Caroll J.A. Senduk S.H. mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI pada Selasa, 14 September 2021 melalui Zoom Meeting.

Pemerintah Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Walikota Caroll Joram Azarias Senduk, S.H dan Wakil Walikota Wenny Lumentut, S.E kembali mengukir prestasi.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI memberikan penghargaan atas Laporan Keuangan WTP bagi Pemerintah yang menerima penghargaan WTP Tahun 2020, meliputi kategori penghargaan WTP 5 kali berturut-turut menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Hal tersebut disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 dengan tema “Bangkit Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi,” melalui Zoom Meeting, Selasa 14 September 2021

Dalam arahannya, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengatakan, “Sebenarnya rakernas ini diadakan pada Tahun 2020 lalu, namun karena terjadi pandemi Covid-19, maka baru diadakan Tahun 2021.

Covid-19 sangat berdampak terhadap keuangan Negara. Oleh karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan Daerah yang terus bekerja keras dalam upaya menanggulangi situasi Covid-19 yang sangat luar biasa dampaknya.

Banyak Daerah yang anggarannya di refocusing termasuk Kementerian, dimana program dan anggarannya berubah guna menanggulangi pandemi ini”, tutur Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Lanjut dikatakannya, “Pada 2020 lalu, Indonesia memulai program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Saya berpesan agar Pemerintah Daerah (Pemda) memantau temuan BPK.
Lakukan perbaikan dan selalu bersinergitas dengan BPK maupun auditor agar Bangsa ini lebih maju. Saya berharap APBN dan APBD dapat memulihkan ekonomi. Jadikan pengalaman 2020 untuk generasi mendatang agar menjadi lebih baik” tukas Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Dr. Hadiyanto, S.H, L.L.M. dalam laporannya mengatakan, “Walaupun masih dalam masa pandemi, tetapi harus tetap semangat dalam hal transparansi akuntabilitas laporan keuangan dimana kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang kembali dilaksanakan secara daring dengan tema “Bangkit Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi”, tujuannya sebagai upaya membangun sinergitas dan akuntabilitas transparansi dalam laporan keuangan”, tutur Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Rangkaian kegiatan antara lain launching buku “Mengawal Akuntabilitas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020,” oleh Menteri Keuangan RI.

Pemberian penghargaan atas Laporan Keuangan WTP bagi Pemerintah yang menerima penghargaan WTP tahun 2020 meliputi penghargaan WTP 5 kali berturut-turut, penghargaan WTP 10 kali berturut-turut, penghargaan WTP 15 kali berturut-turut, live performance dan talk show “Bangkit Ekonomi Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi”.

Berikut Rangkaian acara
1.Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 dengan tema “Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi” dilaksanakan sejak 16 Agustus 2021 sampai hari ini 14 September 2021 yang merupakan puncak acara.

2. Puncak Acara Rakernas ini dilaksanakan secara daring/ video conference melalui aplikasi zoom, diikuti seluruh kementerian/lembaga, pemerintah provinsi/daerah/kab/kota & akademisi, termasuk Pemerintah Kota Tomohon diikuti oleh Walikota Caroll J.A. Senduk S.H. didampingi Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs.Gerardus Mogi,MAP dan Kabid.Akuntansi dan Pelaporan Keuda Fenny Sakul S.E., MM. Dengan agenda acara: pembukaan, launching buku, pemberian penghargaan WTP, dan Talk Show.

3. Pemkot Tomohon mendapatkan penghargaan WTP dari Menteri Keuangan untuk kategori minimal WTP 5 kali berturut-turut sejak tahun 2016-2020.
4. Rakernas dibuka oleh Menteri Keuangan RI yg memberi sambutan,arahan&sekaligus me-launching buku “Mengawal Akuntabilitas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020”.

(bri)

Leave a reply