Bupati Joune Ganda Resmikan Puskesmas Pulisan

0
22

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Minahasa Utara.
Salah satu bentuk upaya tersebut yaitu dengan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat yaitu Puskesmas setara dengan rumah sakit kecil yang terletak di desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE., MAP., MM., MSi. didampingi Kadis Kesehatan dr. Stella Safitri M.Kes meresmikan langsung Puskesmas Pulisan, Kecamatan Likipang Timur, pada Selasa, 31 Januari 2024.

Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, “Ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat dan ini salah satu bentuk upaya tersebut.

Ini merupakan salah satu Puskesmas paling terbaik dari segi kelayakan bangunan, dengan fasilitas yang ada. Termasuk mobil ambulans. Masyarakat diharapkan dapat bersama menjaga dan mengunakan fasilitas Puskesmas Pulisan ini”, ujar Bupati Joune Ganda.

Lanjut dikatakannya, “Di Puskesmas Pulisan ini juga terdapat fasilitas yang baik untuk ibu hamil yang ingin melahirkan.
Saya juga sangat berharap dukungan dari para Hukum Tua yang ada dan pihak kepolisian agar dapat terus mensosialisasikan terkait keberadaan Puskesmas ini. Agar masyarakat bisa mengetahui dan bisa menjadi fasilitas kesehatan yang baik di wilayah DPSP Likupang.
Tolong dijaga, jangan sampai dirusak, torang jaga sama-sama karena ini untuk kepentingan orang banyak,” harap Bupati Joune Ganda.

Dalam laporannya, Kadis Kesehatan dr. Stella Safitri M.Kes. mengungkapkan jika pembangunan Puskesmas Pulisan ini bersumber dari dana DAK Fisik kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2023.

“Gedung Puskesmas Pulisan ini mempunyai fasilitas berupa ruang pemeriksaan, ruang tindakan medis, apotek, ruang tunggu, ruang rawat inap, serta ruang administrasi.
Puskesmas Pulisan ini dibangun untuk memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi enam desa di sekitarnya, yaitu Desa Marinsow, Pulisan, Kinunang, Kalinaun, Rinondoran dan Desa Pinenek yang sebelumnya merupakan wilayah kerja puskesmas Likupang”, ujar Kadis dr. Stella Safitri M.Kes.

Terpantau media ini, usai peresmian Puskesmas Pulisan, Bupati Joune Ganda juga menyerahkan satu unit Mobil ambulance.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Asisten II Allan Mingkid, Staf Ahli Jofita Supit, Inspektur Steven Tuwaidan, Kaban BPBD Theodorus Lumingkewas, Kadis PMD Fredrik Tulengkey, Kasat Pol PP Toar Sendow, Kapus Pulisan dr. Helny Isye Doodoh, para Kapus lainnya , Camat Liktim Debly Wahiu, dan sejumlah Hukum Tua se Likupang Timur.

(enol)