Bupati Joune Ganda Hadiri Rakernas Camat, Kemendagri di Jakarta

Minut – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Kewilayahan (Adwil) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Camat, Sosialisasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Program Implementasi Unit (PIU) 1D dan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) Tahun 2023, Jumat (23/6/2023), bertempat di Grand Sahid Hotel Jakarta, yang juga dihadiri oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si (JG).

 

Rapat ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D, dan dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah serta seluruh Camat se-Indonesia.

Rapat Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatan kepentingan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta membangun pemahaman bersama antara Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri selaku PIU-1D P3PD dengan Pemerintah Daerah yang menjadi lokasi program dimaksud.

Sebelum mendengarkan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada Peserta Rakernas Camat se-Indonesia yang sekaligus membuka Sosialisasi P3PD PIU 1D Frontline Service Delivery, Dirangkai Rakernas Camat Dalam Mendukung Pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada Serentak 2024, dilakukan Penandatanganan Komitmen 60 Bupati terhadap Program Kegiatan P3PD yang diwakilkan oleh tiga Bupati.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan, peran strategis para Camat dalam pembangunan di Indonesia, serta pentingnya menggeser fokus pembangunan dari perkotaan ke desa-desa sebagai pusat pembangunan dan ekonomi.

Untuk itu, Kementerian Dalam Negeri akan memberikan dukungan penuh dalam meningkatkan kapabilitas para Camat sebagai pembina dan pengawas pemerintahan desa.

“Pembangunan jangan bersifat Urban Oriented, Para Camat di Indonesia harus menjadikan dan mendorong Desa harus jadi sentra pembangunan dan Ekonomi,” kata Tito Karnavian.

Dalam Rakor yang dihadiri para Bupati, Wali Kota, dan Camat tersebut, Menteri Dalam Negeri meluncurkan program Gerakan Tangguh Bencana (Kencana) tahun 2023. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan daerah dalam menghadapi ancaman bencana alam yang semakin kompleks.

Bupati Minut Joune Ganda dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah secara konsisten mendorong perbaikan dan peningkatan kapabilitas aparatur pemerintahan. Selama dua tahun kepemimpinannya, Bupati Joune Ganda telah berupaya mengembangkan pengetahuan, kompetensi, dan keahlian para Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya. Ia juga mengajak seluruh ASN untuk berpikir maju dan bersiap menghadapi era industri cerdas, yaitu era kolaborasi antara teknologi siber dan otomatisasi.

Bupati Minut, yang juga merupakan Ketua Bidang Politik dan Keamanan APKASI periode 2021-2026, adalah sosok yang dianugerahi penghargaan Bintang Asta Brata dari IPDN. Ia menyatakan bahwa para Camat dan Kepala Desa memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan. Oleh karena itu, mereka harus siap mengikuti perubahan dan mengadopsi perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang telah mengarah ke sektor industri.

“Dengan Rakor ini akan menambah instrumen dan semangat baru bagi kami untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa sesuai harapan pemerintah pusat”, ungkap Bupati JG.

(enol)