Bupati Joune Ganda Hadiri HUT Ke-363 Desa Talawaan

0
68

Minut – Bupati Joune J.E Ganda menghadiri perayaan HUT ke-363 Desa Talawaan yang dirangkaikan dengan perayaan HUT RI yang ke-78, di Desa Talawaan, pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Bupati Joune J.E Ganda dalam sambutannya mengatakan, “Nengajak masyarakat Talawaan untuk tetap menjaga kearifan lokal, budaya bahkan semangat mapalus.
Semangat mapalus atau gotong royong ini merupakan peninggalan leluhur kita, untuk itu mari torang jaga dan mari torang lestarikan. Mari torang saling tolong menolong, torang saling bantu membantu.Terlebih yang muda harus menghargai orang tua,” tutur Bupati JG.

Menurut Bupati JG bilamana cara kehidupan masyarakat seperti ini, maka sudah pasti masyarakat Talawaan akan hidup damai dan sejahterah.

“Semangat mapulus atau gotong royong ini akan menjadi kunci keberhasilan kita yang ada didesa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi bahkan hingga dinegara kita republik indonesia yang kita sama-sama cintai ini,” ungkap Bupati JG.

Bupati pilihan rakyat minahasa utara ini menjelaskan semangat mapalus atau gotong royong ini juga diambil menjadi inti sari, dijadikan dasar negara yang tercantum dalam Pancasila sebagai dasar negara republik indonesia.

Pada kesempatan tersebut Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda menyampaikan selamat ulang tahun desa Talawaan yang ke-363 yang dirangkaikan juga dengan HUT RI yang ke-78.

“Selamat kepada masyarakat dan pemerintah Desa Talawaan yang sudah merayakan HUT desa yang ke-363 yang dirangkaikan juga dengan HUT RI yang ke-78,” ucap Bupati JG.

Bupati JG berharap masyarakat Talawaan akan terus mengucap syukur kepada Tuhan, agar selalu diberikan berkat, kekuatan dan kesehatan. Mari kita terus menjaga kebersamaan dan persaudaraan,” ujar Bupati JG.

Bupati Joune Ganda  juga berharap masyarakat dan pemerintah Desa Talawaan untuk terus mendukung pemerintah kabupaten dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan“Dengan mendukung program pemerintah, masyarakat sudah ambil bagian dalam pembangunan daerah. Mari kita bersama-sama terlibat dalam pembangunan untuk kesejahteraan kita semua,” kata Bupati Joune GandaP ada kesempatan tersebut, Bupati Joune J.E Ganda didampingi Anggota DPRD Minut Chris Yodi Longdong, Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, Camat Talawaan Alexander Warbung dan Hukum Tua Ricky Sumampouw memasang sekaligus meniup lilin HUT desa dengan angka 363 dan HUT RI dengan angka 78.

Hukum Tua Talawaan Ricky Sumampouw menyampaikan banyak terima kasih kepada Bupati Joune J.E Ganda bersama para undangan lainnya yang sudah berkenan hadir dalam perayaan Hut desa Talawaan yang ke-363, yang juga dirangkaikan dengan HUT RI yang ke-78.

“Terima kasih banyak Pak Bupati bersama para undangan yang sudah berkenan hadir. Kehadiran Pak Bupati menjadi kebanggaan bagi kami pemerinrah dan masyarakat desa Talawaan ” ucap Hukum Tua Talawaan  Ricky Sumampouw.

Sementara itu dalam kegiatan syukur HUT Desa Talawaan yang ke-363, telah dibacakan deklarasi Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan).

Deklarasi Stop BABS ini dibacakan langsung Camat Talawaan, Kepala Puskesmas, Hukum Tua dan BPD desa Talawaan.

(red**)