Berhasil Masuk Nominasi Tiga Terbaik TPID Award 2024, Bupati Joune Ganda Terima Penghargaan dari Presiden Joko Widodo

Minut- Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si. dan Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung, S.H.,M.H. berhasil masuk nominasi tiga terbaik sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award 2024.

Penyerahan Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo kepada Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si., di Istana Negara Jakarta, dalam Rakornas, yang diselenggarakan pada 14 Juni 2024.

“Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., M.M., M.Si. berhasil masuk nominasi tiga terbaik sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award 2024. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Minahasa Utara (Minut). Terlebih lagi,
Bupati Joune Ganda mendapat undangan untuk hadir dan menerima langsung penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo”, ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian, Robby Parengkuan.

Lanjutnya, “Dari ratusan Daerah Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia, untuk wilayah Sulawesi, ada Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara di Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam nominasi terbaik dalam hal pengendalian Inflasi di Pulau Sulawesi.
Pemkab Minut berhasil dan mampu mengendalikan inflasi di Daerah Kabupaten Minahasa Utara ini atas kerjasama seluruh stakeholder terkait yang tidak lepas dari arahan Bupati dan Wakil Bupati kepada TPID Kabupaten Minahasa Utara”, ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian, Robby Parengkuan.

Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune Ganda, SE., MAP., MM., M.Si. mengatakan, “Sejauh ini laju inflasi di Kabupaten Minut relatif terkendali. Kita terus mengupayakan pencegahan kenaikan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional. Kita tetap berupaya agar harga bahan pokok bisa tetap normal.
Kendati begitu, sejauh ini kenaikan harga beberapa komoditas itu masih dalam batas wajar karena dapat diimbangi dengan angka pertumbuhan ekonomi Pemkab Minut yang hingga saat ini masih cukup baik”, ujar Bupati Joune Ganda.

Usai Rakornas dan Penyerahan Penghargaan, terlihat Bupati Joune Ganda dan Presiden Joko Widodo terlibat perbincangan.

Adapun yang menjadi Penilaian Kinerja Pengendalian Inflasi Daerah bagi Pemerintah Kabupaten/Kota meliputi
1. Dimensi Upaya Pemerintah Daerah (Kemendagri).
2. Dimensi Tingkat Kepatuhan Pelaporan (Kemendagri).
3. Peringkat Inflasi (Kemendagri).
4. Realisasi Penandaan Inflasi (Kemenkeu).

Untuk Kabupaten Minahasa Utara, 9 dimensi upaya pemerintah daerah yang telah dilaksanakan yaitu,
1. Pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia,
2. Rapat teknis tim pengendali inflasi,
3. Menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting,
4. Pencanangan gerakan menanam,
5. Melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait,
6. Melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang,
7. Berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, serta
8. Memberikan bantuan transportasi dari APBD.

(enol)