Bantuan Kapal Puskesmas Keliling Laut, dr. Stella : Layanan Kesehatan Masyarakat Kepulauan

0
69

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, melalui Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara menyerahkan bantuan empat Kapal Puskesmas Keliling Laut (Puskeling) pada Jumat, 07 Juli 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Utara (Minut) dr. Stella Safitri mengatakan, “Ada empat Kapal Puskesmas Keliling Laut (Puskeling) yang baru diserahkan oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E. Ganda, SE., MAP., MM., M.Si. di Pelabuhan Munte Likupang Barat. Kapal-kapal ini akan berada stand-by di Pulau Kahuku, pulau Mantehage, pulau Gangga dan pulau Talise”, ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Utara (Minut) dr. Stella Safitri menyampaikan informasi di Pelabuhan Munte, Kecamatan Likupang Barat.

Lanjut dikatakannya, “Puskesling ini ditujukan untuk melayani wilayah kepulauan di sekitar Puskesmas. Misalnya, jika Puskesling berada di Pulau Gangga, maka wilayah kepulauan di sekitarnya akan terjangkau. Hal yang sama juga berlaku untuk Puskesling yang berada di Pulau Kahuku, Mantehage, dan Talise”, ujarnya.

“Kapal Puskesling ini dirancang khusus untuk melayani Puskesmas di wilayah kepulauan. Ketika berada di Pulau Gangga, Puskesling dapat mencakup wilayah kepulauan sekitarnya. Hal yang sama berlaku pula untuk lokasi stand-by di Pulau Kahuku, Mantehage, dan Talise.

Dalam kasus pasien yang membutuhkan penanganan mendesak, tim medis akan memberikan perawatan awal sebelum membawanya ke Kapal Puskesling dan kemudian menuju Rumah Sakit terdekat di daratan.

Dalam pelayanan kesehatan, tidak ada batasan waktu. Mereka akan tetap memberikan pelayanan sebaik mungkin, tanpa memandang waktu pagi, siang, atau malam. Yang terpenting, pelayanan akan dilakukan sebaik mungkin kapan pun dibutuhkan,

Berharap agar kapal tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, perawatan kapal tersebut menjadi prioritas utama bagi pihaknya.

Kapal Puskesling ini memiliki kapasitas muatan maksimal 8 orang. Fasilitas yang tersedia di dalam kapal meliputi tempat tidur untuk pasien, tempat duduk untuk penjaga, tabung oksigen, tandu untuk mobilisasi, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), infus, wastafel, kotak P3K, dan berbagai peralatan lainnya”, jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Utara (Minut) dr. Stella Safitri.

(red**)