Joune Ganda Terpilih Ketua PINKAN Sulut

0
242

 

Tomohon– Setelah terpilih, Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE, yang pernah mendukung pemecahan rekor pengibaran bendera Merah Putih dengan iringan musik Kolintang di puncak Gunung Klabat, dalam Musyawarah Daerah II Pengurus Insan Kolintang (PINKAN), Joune Ganda SE terpilih sebagai Ketua Pinkan Sulut secara aklamsi untuk periode 2021-2025 dalam Musda yang digelar di RBN Wale Ma’Zani pada Sabtu, 30 Januari 2021.

“Salah satu point penting yang akan saya wujudkan dalam kepengurusan ini adalah melakukan pemberdayaan 4 pilar yang berkaitan dengan Kolintang sehingga memiliki nilai ekonomi”, ujar Ketua Pinkan Sulut Joune Ganda SE.

Lanjutnya, “Pemberdayaan yang dimaksud adalah menjadikan seni kolintang menjadi “Way of Live” bagi seluruh masyarakat Kolintang terkait.

Selain upaya melestarikan Kolintang sebagai aset seni dan budaya, kami juga akan meningkatkan perekonomian seluruh stakeholder Kolintang.

Untuk itu, setelah ini saya akan merampungkan komposisi kepengurusan dengan memasukan keterwakilan para stakeholder di 7 Kabupaten/Kota di Sulut.

Yang pasti seluruh stakeholder yang punya komitmen besar serta terpanggil untuk mengembangkan dan menjadikan seni Kolintang makin maju, bernilai budaya dan ekononi yang tinggi bagi masyarakat Sulut”, tandas Bupati Minut terpilih ini sambil berharap upaya dan komitmen pengurus DPD Pinkan Sulut mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Ketua Harian DPP Pinkan Jopie Rory, kepada wartawan menegaskan sosok Joune Ganda sangat tepat dipilih jadi Ketua DPD Pinkan Sulut, “Sosok Joune Ganda sangat tepat dipilih jadi Ketua DPD Pinkan Sulut karena selain memiliki jaringan politik dan birokrasi hingga tingkat pusat juga merupakan salah seorang warga Sulut yang sangat peduli dan memiliki perhatian terhadap perkembangan dan pemberdayaan seni budaya asli Sulut, khususnya Kolintang” ujar Ketua Harian DPP Pinkan Jopie Rory.

Acara Musda II Pinkan Sulut dihadiri oleh Perwakilan Organisasi dan Pemerhati serta Stakaholder Kolintang dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sulut serta Pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulut.

(red*)

Leave a reply